Gantungan Kunci dari Gelang Bekas

10 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Biasanya banyak dari beberapa banyak daerah yang dijadikan tempat wisata menyediakan berbagai cinderamata yang bisa dikatakan unik dan indah. Salah satunya adalah cinderamata berupa gantungan kunci. Seperti yang kita tahu, banyak jenis gantungan kunci yang sering di jual disekeliling kita.

Untuk mendapat gantungan kunci, kita biasanya membeli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun dengan memanfaatkan beberapa bahan bekas, kita juga bisa menciptakan beberapa gantungan kunci yang bisa menjadi kegunaan untuk keperluan seperti menandai kunci kamar, kamar mandi atau lainnya.

Untuk membuatnya kita dapat memanfaatkan barang bekas seperti:


· Gelang kulit bekas
· Kawat gantungan kunci
· Benang bordir (warna bebas)
· Manik-manik besar dengan diameter 2.5 cm
· Pelubang kertas dari besi
· Gunting
· Lem Aibon

Cara Pembuatan:


1. Ambil gelang kulit beserta gunting. Tentukan panjang gelang kulit yang diinginkan dan gunting. Setelah itu, pilih salah satu sisi pada gelang dan potong menjadi bercabang seperti pada gambar berikut. Usahakan pada pemotongan agar rapi agar pengikatan pada keduanya terlihat rapi. Pada gelang yang bercabang dapat anda tipiskan dengan menggunting kedua cabang hingga tida terlihat tebal.


2. Setelah itu, ikat kedua cabang tersebut seperti pada gambar. Usahakan agar mengikatnya tidak terlalu kencang karena dapat merusak gelang kulit. Setelah diikat, anda dapat menyisipkan manik-manik besar yang berdiameter 2.5 cm dengan cara memasukan gelang kedalam lubang manik tersebut. Sisipkan hingga ujung gelang yang terikat. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar.


3. Agar terlihat seperti sabuk pinggang, anda dapat menambahkan lubang pada sisi gelang. Caranya gunakan pelubang yang telah disiapkan. lipat gelang kemudian secara bersamaan anda dapat melubangi gelang dengan posisi lubang yang sama. anda dapat menambahkannya lagi pada beberapa tempat.


4. Tetap pada posisi terlipat, tambahkan ikatan dengan benang bordir yang telah disiapkan. lilitkan hingga terlihat rapi. Setelah dililit dengan benang, selesaikan dengan mengikat kuat agar tidak terbuka lilitannya. Anda bisa menambahkan kawat gantungan kunci yang bisa dimasukan kunci.


5. Agar lebih memantapkan lilitan pada gantungan kunci sekaligus membuat lilitan pada gantungan terlihat rapi, Anda dapat menggunakan lem cair pada seluruh bagian lilitan. Berikan perekat secara menyeluruh hingga merata. diamkan selama beberapa menit. Jika sudah mengering, gantungan kunci sudah siap digunakan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari craftsunleashed.com)