Dekorasi Rumah Lebih Indah dengan Lampu Kardus!

19 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Salah satu penghasil limbah terbanyak dalam industri ialah limbah kardus. Meski sebagai limbah yang banyak ditemui, tak jarang orang dapat memanfaatkan limbah menjadi bahan yang lebih berguna untuk didaur ulang. Banyak orang memanfaatkan limbah kardus sebagai tempat pelindung bagi barang-barang yang masih dipakai seperti halnya baju, buku, dan aksesori lainnya.

Tidak hanya sebagai tempat pelindung suatu barang, limbah yang berbahan dari kertas bekas ini pun juga bisa kok dijadikan suatu kerajinan tangan yang berguna salah satunya adalah lampu dari kardus. Kedengarannya memang aneh, namun apa salahnya jika kardus digunakan sebagai aksesori interior rumah. Nah, untuk itu kita lihat cara pembuatannya seperti berikut ini.

Sebelum memulai pembuatan, kiranya kita harus menyiapkan alat dan bahannya seperti:


· Kardus bekas
· Penggaris
· Pensil
· Cutter
· Cat semprot
· Lem tembak Kabel
· Fitting
· Lampu

Nah, jika telah menyiapkan bahannya, yuk langsung saja masuk ke segmen pembuatannya.

1. Segera siapkan kardus bekasnya, tandai dengan menggunakan pensil membentuk bidang persegi panjang dengan panjang 60 cm dan lebar 21 cm kemudian potong (untuk ukuran panjang dan lebar potongan dapat disesuaikan dengan keinginan).

2. Kemudian warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai dengan selera Anda (disini menggunakan putih) , lalu diamkan sampai cat benar-benar kering.


3. Tandai sisi panjang kardus yang tidak dicat menjadi segilima yang memiliki panjang yang sama, kemudian potong lurus dengan menggunakan cutter tapi namun perlu diingat jangan sampai terpotong kardusnya. Hal ini bertujuan agar kardus dapat dilipat menjadi bentuk segilima sama sisi seperti yang terlihat pada gambar.


4. Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm.


5. Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar ujung potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang di cat berada pada posisi bagian dalam. sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya seperti yang berlawanan seperti terlihat pada gambar. Nantinya akan digunakan sebagai frame/bingkai dari lampu gantung.


6. Selanjutnya siapkan untuk membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm, sesuai dengan ukuran potongan frame yang telah kita buat. Supaya mudah kita jiplak ukuran frame segilima sama sisi yang telah dibuat sebelumnya diatas kardus kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.

7. Buat lubang ditengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah kita buat sebelumnya sehingga ujung lampu dapat masuk ke fitting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.

8. Tinggal kita pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya, dan rekatkan dengan lem tembak sehingga terbentuk lampu gantung yang cantik seperti yang terlihat pada gambar.


Bagaimana, Indah bukan? Dengan membuat karya ini, kita telah membantu bumi dengan mengolah limbah.

(Dikutip dari majalahdesainrumah.blogspot.com)