Dekorasi Rumah dengan Membuat Lampu Bunga

20 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Disetiap rumah kita pasti memiliki lampu. Lampu berguna sebagai penerang pada ruangan atau tempat melakukan suatu aktivitas. Jadi, hampir di seluruh ruangan dalam 1 rumah memiliki lampu untuk penerangan pada ruangan. Nah, kali ini kita akan membuat dekorasi rumah yang hubungannya dengan lampu.

Pernah anda melihat bunga yang bermekaran? Ya, kita akan membuat lampu dengan dekorasi bunga yang bermekaran dan bisa untuk penerangan ruangan anda. Penasaran? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:


· Gunting
· Tang
· Spons
· Lem putih
· 12 batang kawat dari aluminium
· Lampu bohlam beserta kabelnya
· Jarum pentul
· Lem panas
· Kain dengan serat kapas (warna sesuai dengan pilihan)

Cara pembuatan:


1. Pertama- tama kita akan membuat kelopak bunganya terlebih dahulu. Untuk membuat kelopak bunga agar mirip antara satu sama lainnya, silahkan anda daapt membuat template/klisenya dengan mengikuti gambar berikut.


2. Setelah itu, siapkan kawat dan tang. Langkah awalnya, sesuaikan bentuk kawat dengan template yang telah dicetak dengan cara membengkokkan bagian tengah kawat. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Usahakan kawat lurus dan tidak ada lekukan-lekukan apapun. Gunakan tang untuk membuat lekukan kawat.


3. Jika bagian atas sudah pas dengan gambar kelopak, sekarang kita beralih pada kawat bagian tengah dan bawah. Pada bagian tengah, kawat agak sedikit diberi lekukan ke arah luar pada 2 sisinya dan pada satukan pada ujung kawat kiri dankanan. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


4. Setelah terbentuk kawat menyerupai kelopak bunga, perhatikan pada ujung bawah kawat. Sekarang kunci kedua ujung kawat tersebut dengan cara melilitkan kedua ujung kawat hingga membentuk ikatan. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut ini. Usahakan lilitan terlihat rapi.


5. Nah, jika sudah membuat rangka kelopaknya, sekarang kita beralih pada pembuatan daun kelopaknya. Ambil klise atau template kelopak yang digunakan untuk pembuatan rangka kelopak bunga dan kain kapas yang telah disiapkan. lipat kain menjadi 2 lapis kemudian pada atasnya letakan template kelopaknya.


6. Jika sudah, tambahkan jarum pentul pada setiap sisinya. Jarum pentul berguna untuk mengunci bahan yang ingin dipotong bersamaan dengan templatenya agar tidak bergeser pada saat dipotong nantinya. Untuk cara penguncianya, silahkan anda dapat melihat gambar berikut ini.


7. Setelah itu, ambil gunting dan potong mengikuti template yang sudah dikunci dengan jarum pentul. Lebihkan sedikit untuk ukuran potong seperti pada gambar. Kira-kira tambahkan margin kelopak sekitar 0,5 - 1 cm agar kelopak bunga dapat menutup bagian dalam bunga nantinya.


8. Maka, kita akan memiliki 2 kelopak bunga yang telah dipotong mirip dengan templatenya. Sekarang kita masuk dalam tahap pengeleman.letakan kedua kelopak yang telah dipotong bersejajar, kemudia lapisi dengan lem putih pada sisinya. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Gunakan spons untuk memberikan lem pada kain.


9. Sisipkan rangka kelopak (kawat) diantara 2 lapis kain berbentuk kelopak tadi . maka hasilnya akan seperti kelopak bunga dengan rangka didalam lapisan kain tersebut. Buatlah kelopak bunga ini sekitar 10 buah dan ikuti langkah-langkah sebelumnya.


10. Jika ke 10 kelopak bunga sudah dibuat, sekarang saatnya untuk pembentukan kelopak seperti sedang bermekaran dimusim semi. Caranya bengkokan pada bagia tengah kelopak bunga secara perlahan hingga terlihat pada gambar berikut. Tangan kiri memegang ujung tangkai kelopak sedangkan tangan kanan memegang ujung atas kelopak dan bengkokan secara perlahan.


11. Jika semua kelopak yang berjumlah 10 telah diberi lekukan, sekarang kita ke lampu yang telah disediakan. Beri lem pada bagian atas bohlam yang terbuat dari plastik putih. Letaknya bisa dilihat pada gambar berikut. Gunakan lem panas dan lapisi secara perlahan.


12. Nah, sekarang ambil kelopak bunganya dan tempelkan ke bagian yang telah dilapisi lem panas. Tempelkan 5 kelopak bunga pada sisi bawah pada penepat bohlam. Untuk penempatannya, silahkan anda dapat melihat gambar berikut.


13. Sekarang tempelkan 5 kelopak bunga lainnya dibagian paling atas penepat bohlam lampu. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Karena mudah putus saat pengeleman, usahakan pada bagian atas dilem dengan agak kuat sehingga tidak jatuh jika digunakan sebagai alat penerang.


14. Jika sudah, maka akan terlihat hasilnya seperti bunga yang memiliki lampu pada bagian tengahnya. Supaya perekatan pada kelopak bunga kuat, anda harus membuat pengikatnya. Caranya potonglah kain dengan panjang 30 cm dan lebar 1 cm. setelah itu, berikan lem pada salahj satu sisinya dan lilitkan pada bagian penepat bohlam. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


15. Nah, sekarang anda sodah membuat bunga dengan lampu ditengahnya. Sekarang anda dapt meletakannya diruangan mana saja seperti halnya di kamar sendiri.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari Craft.tutplus.com)
Tags