Dekorasi Lampu dengan Kelinci Origami

10 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Tidaklah asing jika kita sering melihat dekorasi rumah seperti pernak-pernik pada lampu diruang tamu yang membuat rumah seakan-akan berkilauan karena cahaya yang terpantul dari pernak-pernik di sisi lampu. Untuk membuat dekorasi rumah agar terlihat indah tidaklah harus mahal karena dengan kreativitas, bahan sederhana pun juga dapat mempercantik tempat tinggal kita bahkan kamar tidur kita sendiri.


Dengan berbahan origami, kita dapat membuat dekorasi rumah yang indah dengan membuat kelinci origami. Penasaran dengan bentuknya seperti apa? Yuk kita liat persiapannya.

Alat dan bahan:

· 1 Pak kertas Origami
· Kertas samson kraft cokelat dengan ukuran yang sama dengan kertas origami sesuai dengan jumlah origami yang akan dibuat
· 1 pembidang sulam (untuk kristik)
· Benang jahit
· Jarum jahit
· Solatip

Mudahkan? Nah, jika sudah mempersiapkan alat dan bahannya langsung saja kita intip cara pembuatan kelinci Origami-nya .


1. Sebelum membuat kelinci, ambil sepotong kertas Origami dan kertas samson kraftnya dan tempelkan dengan menggunakan lem kertas. Tempel kertas samson kraft tepat di bagian putih kertas origami supaya ketika pembuatan kelinci, telinga kelinci menjadi berwarna.


2. Apabila sudah, gunakan sisi cokelat pada kertas origami dan lipat menjadi ½ bagian dan lipat kembali menjadi ¼ bagian.


3. Sekarang balik kertas sehingga yang ada dihadapan anda adalah kertas yang berwarna. Miringkan kertas origaminya sehingga dihadapan anda terlihat garis X pada kertas origami.


4. Kemudian tahan kedua sisi ujung kiri dan kanan pada origami dan lipat hingga membentuk segitiga.


5. Apabila telah membentuk segitiga, pegang sisi kiri dan kanan pada segitiga dan dorong ke tengah seperti pada gambar berikut.


6. Nah, jika telah melakukan pada langkah nomor 5 kertas origami akan membentuk segitiga yang memiliki 4 kaki pada setiap kakinya seperti pada gambar.


7. Posisikan kertas origami membentuk segitiga. Kemudian lipat keatas pada sisi tengah seperti pada gambar dan lakukan hal yang sama pada sisi kanan.


8. Lalu apabila telah dilakukan, lipat kembali pada bagian tengah di dua sisi kiri dan kanan seperti pada gambar.


9. Lipat bagian atas kanan dan depan lipat pada bagian ujungnya ke bawah.


10. Bukatutup bawahnya dan menyelipkan lipatan yang dilipat ke dalam lipatan yang telah dibuat dari kantong dan lakukan pada sisi yang sebaliknya.


11. Sekarang balik kertas hingga dihadapan anda adalah segitiga. Lipat pada sisi kiri dan kanan keatas sehingga membentuk belah ketupat.


12. Lipat lipatan yang membentuk ½ segitiga ke kiri. Sehingga terlihat seperti gambar berikut.


13. Lipat tutup depan (yang sekarang di sebelah kiri) atas menuju garis tengah.
Pindahkan lipatan yang depan kembali ke kanan.


14. Ulangi proses ini pada sisi yang lain.Lipat bagian depankiri ke kanan.


15. Pindahkantutup depankembali ke kirisehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.


16. Lipat lapisan kiri ataskekiriseperti pada gambar begitu juga pada sisi kanan lipat ke kanan atas dan membentuk seperti berikut.


17. Buka lipatan pada kiri atas dan kanan atas seperti pada gambar berikut.


18. Terakhir pada ujung sisi atas dan bawah ditekan ke tengah atau bisa ditiup sehingga badan kelinci origami membentuk kubus dengan telinga berwarnanya. Dengan demikian selesailah sudah pembuatan kelinci origaminya.


19. Untuk membuat gantungan kelinci origami, masukan benang ke dalam "mulut kelinci" dengan menggunakan jarum jahit.


20. Kemudian jahit keluar melewati kepada kelinci (berarti keluarnya jarum tepat diatas telingan kelinci)


21. Buatlah lingkaran pada ujung benang dan rekatkan dengan menggunakan solatip sehingga membentuk seperti pada gambar.


22. Kemudian masukan benang yang dibentuk lingkaran melalui mulut kelinci sehingga akan terlihat seperti gambar berikut. Buatlah 6 kelincinya agar dapat menjadi dekorasi lampu.


23. Apabila sudah terkumpul sampai 7 kelinci origami, ambil pembidang sulam dan kaitkan dengan kelinci seperti pada gambar.

Dikutip dari craft.tutplus.com