Cara Membuatnya Pot Gantung dari Kaleng Bekas

22 November 2017 Tutorial Lain-Lain


Banyak macam kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat. Barang bekas selain mudah didapatkan, dan juga harganya yang begitu murah. Dan kali ini kita akan memanfaatkan barang bekas seperti kaleng bekas menjadi pot gantung yang unik. Penasaran?

Alat dan bahan-bahannya:
*. 4 Buah kaleng bekas
*. Bor
*. Rantai
*. 1 Carabiner (gantungan)
*. Cat semprot 2 warna atau lebih
*. Selotip
*. 12 Pasang Mur, baut, dan ring
*. 4 Macam tanaman pot ukuran kecil


Berikut cara pembuatannya:
1. Lubangi kaleng bekasnya. Lubangi bagian atas kaleng sebanyak 3 buah lubang di sekeliling kaleng. Usahakan jarak antara ketiga lubang tersebut sama, agar nantinya pot bisa seimbang.


2. Selanjutnya proses pengecatan. Ambillah selotip lalu tutuplah setengah bagian atas kaleng dengan selotip terlebih dahulu, agar nanti tidak terkena cat. Lalu secara hati-hati semprotlah permukaan luar kaleng dengan cat. Ulangi pelan-pelan sampai 2 atau 3 lapis agar warnanya terlihat merata dan bagus. Usahakan agar tidak menyemprot terlalu dekat. Ulangi langkah yang sama pada ketiga kaleng lainnya. Anda bisa menggunakan warna-warna yang berbeda jika suka, agar terlihat lebih menarik.


3. Selanjutnya memasang mur baut pada masing-masing lubang pada semua kaleng.


4. Jangan lupa memasang rantainya pada mur baut terlebih dahulu sebelum bautnya ditutup dan dikencangkan. Untuk rantainya Anda bisa menggunakan rantai sejenis atau yang berbeda. Usahakan untuk memotong terlebih dahulu rantainya menjadi 3 dengan panjang yang sama agar seimbang.


5. Agar lebih mudah pasang rantai pada kaleng yang paling bawah terlebih dahulu, lalu pasang semua. Dan terakhir pasanglah sebuah carabiner untuk menyatukan semua ujung rantai bagian atas. Untuk carabiner, Anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan pecinta alam. Atau jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan kolong besi yang lainnya.


7. Setelah rangkaian kalengnya jadi, berikutnya adalah mengisi pot dengan tanaman.


8. Untuk tanamannya, Anda bisa menggunakan tanaman jenis apa saja. Anda juga bisa menggunakan tanaman yang berbeda-agar nampak bervariasi.


9. Pot gantungnya sudah jadi dan siap dipasang. Anda bisa memanfaatkannya sebagai hiasan gantung dan menggantungnya di langit-langit teras rumah untuk mempercantik teras Anda, agar terlihat lebih asri.


10. Sekarang Anda bisa berkreasi dengan jenis kaleng bekas yang lain, dan dengan warna yang berbeda untuk dijadikan dekorasi rumah dari kaleng bekas lainnya.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)