Cara Membuat Rak Mini dari Kardus Bekas

12 April 2017 Tutorial Lain-Lain


Seringkali orang sembarangan dalam meletakkan buku, pulpen, dan alat tulis lainnya. Penyebabnya adalah tidak adanya rak khusus untuk meletakkan alat tulis tersebut. Resikonya adalah seringkali kehilangan benda-benda tersebut, terutama pulpen atau pensil. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan rak khusus untuk meletakkan alat-alat tulis. Jika Anda sedang menghemat biaya namun memerlukan rak peralatan tulis tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas.

Bahan yang dibutuhkan:
*. Kardus bekas
*. Gunting/cutter
*. Lem

Berikut cara membuat rak mini dari kardus bekas:

  1. Kummpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti, kardus bekas, lem, cutter, keras hvs warna/cat, dan pendukung lainnya.
  2. Setelah bahan dan peralatannya terkumpul, Anda bisa langsung memotong kardus sesuai bentuk rak sebelum di rangkai. Gunakan cutter untuk memotong. Jika agak sulit, Anda bisa menggunakan gunting.
  3. Setelah kardus dipotong sesuai dengan bentuk rak, Anda bisa memberikan warna. Terserah mau menggunakan kertas hvs warna atau menggunakan cat. Yang perlu diperhatikan jika Anda menggunakan cat adalah Anda perlu berhati-hati dalam mengecat kardus agar kardus tidak rusak. Setelah di cat, kardus di jemur terlebih dahulu agar cat cepat mengering dan kardus kuat.
  4. Buat lubang-lubang guna merangkai potongan-potongan kardus menjadi rak.
  5. Terakhir adalah rangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi rak. Jangan lupa untuk memeriksa kekuatan rak agar rak tidak gampang rusak.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)