Cara Gampang Membuat Boneka Sapi Kain Flanel

4 Maret 2016 Tutorial Lain-Lain


Membuat boneka dari kain flanel tidaklah sulit. Karakter boneka binatang yang kita pilih adalah boneka sapi. Boneka sapi adalah jenis boneka yang banyak digemari karena sapi adalah binatang yang sangat mudah kita temui sehari-harinya, dan merupakan binatang yang sangat bermanfaat buat kehidupan manusia. Sebelum kita ulas lebih lanjut akan kita jelaskan dulu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat boneka dari kain flanel.

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat boneka dari flanel:
*. Kain flanel
*. Kertas Pola
*. Gunting
*. Jarum
*. Benang untuk menjahit
*. Dacron/Kapas/Kapuk
*. Lem

Berikut cara membuat boneka sapi dari kain flanel:
1. Buatlah pola boneka sapi diatas kertas dan gunting satu per satu bentuk dari guntingan-guntingan pola tersebut.


2. Letakkan pola yang sudah digunting diatas kain flanel, kemudian garis kain mengikuti pola yang dibuat kemudian gunting kain dengan hati-hati. Inilah potongan-potongan pola yang sudah digunting


3. Ambil bagian telinga dan tanduk, rekatkan ke bagian wajah dengan menggunakan lem. Kemudian jangan lupa merekatkan bagian wajah boneka dengan bagian badan sapi


4. Kemudian jahit bagian wajah sapi tadi dengan badannya agar lebih kuat dan tidak mudah terlepas.


5. Setelah itu jahit bagian muka dengan merekatkan pola muka yang lain dengan tusuk feston, jangan lupa untuk menyisakan sedikit lobang untuk memasukkan kapas kedalam muka boneka. Tambahkan pula manik-manik untuk mata boneka.


6. Lakukan hal yang sama untuk bagian badan boneka seperti cara diatas, tetap gunakan tusuk feston.


7. Siapkan pola bagian mulut, buat jahitan di dua sisi mulut sebagai bentuk hidung dengan benang hitam. Kemudian tempelkan bagian mulut pada wajah boneka sapi yang sudah dijahit tadi.


8. Terakhir tempelkan bagian rambut atau kulit belang sapi hitam pada bagian wajah boneka.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)