Cara Cepat Membuat Pesawat Terbang dari Kayu

24 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Apakah benar untuk memiliki sebuah pesawat mainan harus dengan menggunakan uang? Ternyata belum tentu juga loh. Karena dengan peralatan yang sederhana pun kita juga bisa membuat pesawat terbang yang unik dan tentu saja mudah dibuatnya karena memanfaatkan bahan-bahan yang alami seperti kayu.

Dalam membuat karya ini, anak-anak juga bisa diajarkan untuk membuat pesawat terbang dari kayu ini. Penasaran dengan cara pembuatan pesawat dari kayu ini? Sebelum memulai cara pembuatannya, ada beberapa yang perlu dipersiapkan seperti:

· Penjepit pakaian yang terbuat dari kayu
· Stik es krim yang memiliki warna (warna sesuai dengan keinginan)
· Lem kayu / lem panas
· Gunting

Jika sudah, anda dapat menyimak langkah-langkahnya berikut ini.


1. Siapkan jepitan pakaian yang akan digunakan sebagai badan pesawat dan juga penyambung sayap pesawat terbang. Carilah jepitan pakaian yang terbuat dari kayu yang kuat agar tidak rusak saat diberi lem panas.


2. Jika telah mempersiapkan jepitan pakaian, ambilah beberapa stik es krim yang berwarna yang akan dijadikan sebagai sayap pesawat. Sayap pesawat akan dibagi atas 2 bagian yakni di bagian depan dan ekor pesawat.


3. Untuk ekor pesawat, cara pembuatannya ialah ambil salah satu warna stik es krim yang akan digunakan sebagai sayap pesawat. Kemudian gunting stik es krimnya sesuai dengan gambar. Untuk ukuran memotong bisa disesuaikan dengan ekor pesawat nantinya. Yang digunakan hanya pada bagian yang kecil dan yang terakhir sedangkan yang tengah tidak digunakan.


4. Apabila sudah dipotong, saatnya menggunakan lem panas untuk menempelkan sayap-sayap pesawat. Perlu diperhatikan untuk sayap depan dibutuhkan 2 buah stik es krim untuk ditempelkan pada sisi atas dan bawah serta untuk ekor pesawat atau sayap belakang pesawat bisa dilihat cara pengelemannya di gambar berikut.


5. Apabila sudah direkatkan, jemur dan diamkan selama beberapa menit supaya lem dapat merekat secara maksimal. Jika ingin menambahkan warna pada badan pesawat bisa menggunakan cat agar pesawat lebih berwarna.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari onelmon.com)
Tags