Capung dari Ranting Kayu



Kita pasti pernah melihat serangga capung ditaman, kebun atau tempat habitat capung. Capung atau sibar-sibar ini biasa datang ketempat yang berair apabila masuk dalam masa bertelur. Seperti yang kita ketahui capung juga memiliki keindahan pada bagian tubuhnya seperti kupu-kupu yang memiliki warna yang indah pada sayapnya.


Kali ini kita akan membuat capung dengan memanfaatkan bahan-bahan kesenian yang unik dan bisa menjadi hiasan rumah. Untuk cara membuatnya, yuk kita sediakan alat dan bahannya seperti:

· Ranting pohon dengan ukuran 20 cm
· Mata boneka berukuran kecil
· Lem tembak
· Benang
· 4 Pipe cleaner dengan warna yang berbeda

Cara pembuatan:

1. Untuk pembuatannya, kita beralih pada pembuatan sayap untuk capung. Caranya ambil pipe cleaner dengan warna yang telah disediakan dan bentuk lingkaran dengan ujung yang sudah dikaitkan satu sama lain. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Jika sudah dikaitkan, anda dapat menambahkan lem pada kaitannya agar kuat. Buat 2 untuk kedua sayap capung.


2. Setelah kedua sayap telah dibuat, sekarang satukan pada ranting kayu yang telah disediakan. Caranya tempelkan kedua sayap dengan menggunakan lem tembak. Caranya pemberian lem bisa dilihat pada gambar berikut. Jika sudah diberikan. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Hati-hati dalam pemberian lem karena bisa saja dapat mengenai tangan Anda.


3. Jika sudah merekat kuat pada bagian sayapnya, Anda dapat memberikan gulungan benang pada seluruh bagian ranting kayu. Cara menggulungnya bisa dilihat pada gambar berikut. Gulung semua bagian dengan benang. Apabila ingin menggunakan benang dengan warna yang beragam bisa disatukan.


4. Terakhir pasangkan mata dengan menggunakan mata boneka yang telah disiapkan. caranya rekatkan mata boneka pada ranting kayu yang telah digulung dengan benang. Agar lebih kuat bisa menggunakan lem tembak. Jadilah hiasan capung dari ranting kayu.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari myveryeducatedmother.com)