Bunga dari Sampah Plastik

17 April 2016 Tutorial Lain-Lain


Ada beberapa cara untuk menghias sesuatu. salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol minuman plastik. Bagaimana caranya? Ada banyak sekali cara untuk mendaur ulang sampah plastik seperti menyiapkan:


· Botol plastik minuman soda
· Lem tembak
· Gunting
· Benang
· Bingkai
· Lilin dan api

Cara pembuatan:

1. Potong pada bagian bawah botol plastik kemasan minuman soda dan pada bagian tengah pada tiap lengkungan dipotong setengah bagian seperti pada gambar. Untuk membuat ujung dari lengkungan bawah botol seperti kelopak bunga, kita bisa membentuknya dengan cara mendekatkan bagian ujung botol pada api. Lakukan hingga semua pinggir botol meruncing. Jika sudah membuat bentuk kelopak, kita bisa mewarnainya dengan menggunakan cat.

2. Untuk warna bisa kita gunakan warna alami bunga seperti merah, kuning, ungu dan warna terang lainnya. Setelah diwarnai, diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah mengering, kita bisa membuat tambahan bunga pada bagian tengahnya dengan memanfaatkan bagian botol lain. Kita bisa mengambarkan bunga dan dijadikan sebagai template untuk membentuk bunga pada lapisan botol plastik. Lubangi pada bagian tengah bunga yang telah diwarnai.


3. Setelah membentuk bunga kecil, kita bisa mewarnainya dengan warna gelap seperti cokelat atau hitam. kemudian diamkan hingga kering. jika sudah kering, kita bisa memberikan lapisan kain pada tempat yang akan diberikan. Gunakan lem panas untuk merekatkan supaya lebih kuat. Usahakan sisinya ditempelkan benar-benar kuat.


4. Tempelkan bunga kecil yang telah dibuat dan diwarnai ke tengah bunga yang besar. Gunakan perekat yang kuat untuk menempelkannya. Ambil benang dan sambungkan ke objek yang telah diberikan kain seperti bingkai. Gantungkan bunga plastik yang telah dibuat hingga menempel kuat di sekitar bingkai. Jadilah hiasan bingkai dari plastik. Selamat mencoba!


Oleh: Albert S.
(Dikutip dari diy-enthusiasts.com)
Tags