Buat Pohon Natal dari Sisa Ranting Pohon Yuk!

5 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Wah, sebentar lagi saudara - saudari kita yang berkeyakinan Nasrani akan merayakan hari Natal pada tanggal 25 Desember nanti. Natal biasa disimbolkan dengan Pohon Cemara yang ditabur oleh kado-kado, pernak-pernik serta salju yang membuat hari Natal makin bersinar. Apakah teman-teman di rumah memiliki Pohon Cemara untuk Natal nanti?

Tidak perlu cemas untuk yang belum memiliki karena tidaklah harus merayakan Natal dengan pohon cemara karena dengan ranting pohon saja, kita juga bisa membuat pohon Natal kok. Masih penasaran dengan bentuk dan cara membuatnya? Simak saja cara pembuatannya berikut ini!
Siapkan alat & bahannya seperti;

· Ranting pepohonan (bisa diambil dari pepohonan atau beli di toko)
· Lidi yang berwarna merah (bisa diwarnai sendiri dengna cat)
· Lampu LED String berwarna jingga berbaterai
· Gunting
· Lem tembak (Lem Panas)
· Penggaris / Pita pengukur
· 2 kaleng susu (untuk fondasi dalam pembuatan pohon Natal)

Alat dan bahan sudah disiapkan, silahkan anda simak cara pembuatannya.


1. Ambil 3 ranting yang besar dan potong menggunakan gunting sekitar 15 cm tiap masing-masing ranting. Buatlah ke 3 ranting menjadi bentuk segitiga dan rekatkan ujung dari masing-masing ranting dengan menggunakan lem panas. Potong ranting terbesar sebagai batang pohon sekitar 41 cm dan sekitar 7,6 cm untuk fondasi paling bawah batang pohon agar pohon tetap seimbang selama masa pembuatan.


2. Untuk memudahkan perekatan ranting, berilah 2 kaleng susu tepat di antara ranting pohon berbentuk segitiga seperti pada gambar. Kemudian ambil 3 batang lidi yang tebal untuk membentuk rangka pohon Natal seperti piramida.


3. Susun dan sambung ranting mulai dari bawah sampai keatas dengan posisi miring dan beri lem tiap anda memasang ranting dari berbagai sisi. Agar lebih tertata, anda bisa merekatkan ranting lebih dekat antara satu dengan lainnya seperti pada gambar. Semakin keatas, ranting yang diperlukan semakin kecil ukurannya tinggal disesuaikan ukurannya.


4. Fondasi dasar pohon Natal dari ranting telah selesai. Setelah itu, buatlah bintang di atas pohon Natal dengan menggunakan batang lidi yang berwarna atau dicat merah yang berukuran 7,6 cm sebanyak 5 buah. Cara pembuatan bintang bisa dilihat di gambar berikut.


5. Rekatkan dengan lem panas bintang yang dibuat pada atas ranting pohon yang dibuat.


6. Sediakan lampu LED String berwarna jingga dan lingkarkan di setiap sudut pohon ranting. Sebaiknya lampu Led stringnya dimatikan terlebih dahulu untuk menghindari cedera panas ketika melingkari Lampu LED string ke pohon ranting Natal.


7. Nyalakan lampu LED nya dan atur terangnya lampu.


8. Jadilah pohon ranting Natal yang menemani anda menyambut hari Natal. Merry Chrismas!

(Dikutip dari craftpassion.com)