Buat Masker dengan Karya Sendiri Yuk!

6 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Semakin hari, jumlah kendaraan termasuk di kota-kota besar di Indonesia meningkat. Jarak tempuh dan tingginya produktivitas membuat banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke tempat kerjanya. Banyaknya jumlah kendaraan tentu saja mengakibatkan tingginya polusi udara. Hal ini bisa berpengaruh bagi kesehatan masing-masing orang.


Tidak banyak orang yang mengetahui tentang pentingnya memakai masker ketika sedang berjalan di lalu lintas atau berkendara sepeda motor dan sedang naik angkutan umum. Polusi udara jika terus dihirup, maka kesehatan pernafasan akan terganggu. Oleh karena itu, biasakanlah menggunakan masker ketika berada atau lewat di jalan raya.

Siapa bilang untuk mendapatkan masker harus dengan membelinya? Dengan bahan sederhana, kita juga bisa membuatnya dengan kain bekas. Ingin tahu cara membuatnya? Yuk intip tutorialnya berikut ini.

Untuk pembuatan masker, silahkan siapkan aat dan bahannya seperti:

· Kain utama dari bahan kapas kira-kira ukuran 30,5 cm x 15,25 cm (corak bebas)
· Kain pelapis dari bahan katun atau flannel berukuran 25,5 cm x 15,25 cm (warna bebas namun polos)
· Kabel karet untuk pengait telinga
· Perlengkapan menjahit (jarum, benang,gunting,dll)
· Mesin jahit (jika tidak ada, secara manual juga bisa0
· Seterika
· pembuat jejak jahitan (gambar bisa dilihat di bawah)

Untuk pembuatannya, silahkan bisa dilihat dibawah ini.


1. Untuk ukuran masker bisa dilihat di gambar mulai dari untuk balita, anak-anak hingga remaja atau dewasa. Jika anda ingin membuat ukuran untuk balita dan anak-anak bisa disesuaikan ukurannya. Jika sudah lalu cetak dan potong sesuai dengan ukurannya.

2. Lipat kain utama yang bercorak/bergambar menjadi dua bagian dengan sisi yang berlawanan dan berhadapan. Gunakan pembuat jejak jahitan atau bisa menggunakan spidol untuk menandai jejak jahitan. Tandai sisi pada kain kecuali pada bagian telinga. Buat 2 buah.


3. Sama seperti kain utama namun ukuran pada pelapis lebih kecil dari kain utama.


4. Jahit kedua kain utama yang saling berhadapan dan mulai jahit dari sisi tengah terlebih dahulu (untuk hidung dan mulut).


5. Untuk catatan, penjahitan pada bagian masker penutup hidung dan mulut harus dilakukan secara hati-hati agar tangan saat menjahit tidak tertusuk jarum.


6. Kemudian jika telah selesai akan terlihat seperti gambar berikut.


7. Untuk kain pelapis, pembuatannya sama seperti kain utama.


8. Buka sisi dalam masker utama keluar dan beri jejak jahitan di seluruh sisi pinggir permukaannya untuk menyatukan masker utama dan pelapisnya, kemudian di jahit.


9. Hasil pada langkah nomor 8 akan terlihat seperti gambar. kain utama pada pembuatan masker lebih panjang dari pelapis masker. kain utama yang panjang untuk pembuatan karet pada telinga.


10.Pada kain utama untuk pembuatan karet pada telinga, lipat menjadi dua bagian kira-kira 1,5 - 2 cm dan jahit dari atas sampai bawah. Lakukan juga dengan sisi satunya lagi.

11.Ukur dan potong panjang kabel karet yang dibutuhkan. Biasanya sekitar 15 cm - 20 cm namun disesuaikan dengan ukuran wajah. Masukan karet melalui lubang yang dijahit dan ikat mati sampai ke ujung karet.


Jadilah masker buatan sendiri. indah bukan?

(Dikutip dari craftpassion.com)