Buat Kartu Pop-Up Unik dari Karton

5 Juni 2017 Tutorial Lain-Lain


Bagaimana ya caranya untuk mengungkapkan rasa sayang kepada kerabat, keluarga atau seseorang? Ya, semua bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dengan memberikan sesuatu yang menyenangkan dan akan dikenang terus maupun hal-hal yang membuat orang tersebut gembira. Nah, sebentar lagi kita masuk dalam hari Valentine. Sudah mempersiapkannya untuk orang-orang yang kita sayangi? Mungkin tutorial ini bisa membantu Anda untuk mengungkapkannya!


Nah, kita bisa memberikan ucapan dengan kartu ucapan. Jika Anda bingung, Yuk kita buat kartu ucapan Valentine dengan menyiapkan alat dan bahannya seperti:

· Kertas HVS putih
· Kertas Karton putih dan merah (bisa merah mudah)
· Pensil
· Penggaris
· Gunting
· Pulpen bertinta metalik

Cara pembuatan:

1. Ambil kertas HVS dan buatlah bentuk Hati dengan cara membuat gambar "setengah hati" dan potong dengan menggunakan gunting. Setelah mendapatkan bentuk hati, lipat bentuk hati tersebut dan letakan diatas lipatan kertas karton putih. Setelah itu, buatlah kembali bentuknya dengan menggunakan penggaris. Setelah membuat gambar setengah hati, tambahkan garis datar hingga akhir. Potong garis yang telah dibuat dengan menggunakan gunting. Setelah itu, potong setengah bagian pada gambar setengah hati.

2. Lipat pada bagian yang telah dipotong. Sesudah dilipat, kita bisa mencoba membuka bentuk hati yang dilipat. Nah, kita sekarang sudah membuat kartu pop-up atau kartu yang bisa timbul ketika dibuka. Lipat kembali kearah luar. Kemudian, ambil karton merah dan tempelkan kertas karton yang telah dibuat pop-up di dalam karton merah tersebut.


3. Ukur sesuai dengan besar dan lebar karton putih. Buatlah karton merah seperti cover bagi pop-up yang dibuat. setelah itu, berikan lem pada kedua sisi karton merah dan tempelkan secara bersamaan. Agar tidak mengelembung pada pengeleman, kita bisa gunakan penggaris untuk menghilangkan angin pada saat di tempelkan. Ambil karton merah dan buatlah gambar hati namun dengan ukuran yang agak kecil dari gambar hati pop-up yang dibuat. tempelkan pada bagian tengah dan berikan tanda titik-titik pada beberapa bagian hati merahnya. Sisanya, kita bisa memberikan ucapan Valentine untuk orang disayangi. Indah bukan?


Oleh: Josua M
(Dikutip dari momtastic.com)