Buat Dompet dari Kemasan Kotak Susu Yuk!

28 November 2013 Tutorial Lain-Lain


Pernahkan anda mengonsumsi susu kotak? Ya, setiap orang pasti pernah mengonsumsi susu dalam kemasan kotak ini. Lalu, ketika anda meminum susunya apakah yang anda lakukan dengan kemasannya? Apakah dibuang atau digunakan dalam hal lain?. Seringkali orang jarang memanfaatkan barang bekas karena beranggapan bawah barang bekas adalah sampah yang harus dibuang. Padahal barang bekas bisa didaur ulang menjadi hal yang memiliki nilai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya dompet dari kemasan bekas susu.

Nah, penasaran bentuknya seperti apa? Yuk kita simak cara pembuatannya.

Tentunya untuk membuat dompet dari kemasan susu ini ada alat dan bahan yang harus disiapkan seperti:

· Kemasan susu karton bersama tutup kemasan yang bulat

· Pena

· Pisau bergerigi (margarine)

· Handuk dan tisu

· Penggaris

· Gunting

Apabila alat dan bahannya telah siap, untuk pembuatannya yuk ikuti langkah-langkah berikut:


1. Gunting tempat susu lalu bentangkan sehingga menjadi seperti gambar di bawah, lalu bersihkan sisa susu dengan handuk atau tisu dan keringkan. Gambar pola dengan memakai penggaris dan pena sesuai gambar.


2. Gunakan gunting untuk memotong pola yang sudah dibuat. Gunakan pisau margarin dan penggaris untuk membuat tekukan di bagian tertentu di pola yang sudah dibuat.


3. Tekuk lipatan yang tadi sudah dibuat membentuk akordion untuk bagian samping kanan dan kiri dompet karton.


4. Tekan lipatan serapat mungkin, lalu lipat tutup bagian atas ke bawah. Untuk menutup dompet, putar tutup botol bagian atas dengan tutup botol bagian bawah melalui lubang yang sudah dibuat.

5. Dompet dari tempat karton bekas susu atau jus siap dipakai, jika kalian merasa risih dengan merk susu atau jus yang melekat di karton, bisa kalian cat.


(Dikutip dari artenergic.blogspot.com)
Tags