Botol Plastik Bekas Serba Guna

24 Januari 2015 Tutorial Lain-Lain


Bagi anda yang menyukai kerajinan tangan dari barang bekas tentu tidak asing dengan botol bekas. Bahan yang satu ini memang sangat digemari dalam banyak proses membuat kerajinan tangan dari bahan bekas aneka rupa. Selain tanpa membutuhkan ongkos pembuatan, juga bahannya sangat mudah didapatkan.

Salah satu jenis botol bekas yang kerap kali digunakan membuat berbagai kerajinan adalah botol berbahan plastik. Botol bekas minuman yang kita minum sangat mudah didapat, bentuknya juga sangat bervariasi. Dan satu lagi keunggulan botol plastik bekas adalah bisa dipotong dengan sangat mudah, sehingga bisa dibentuk sesuka hati menjadi beraneka ragam bentuk kerajinan.

Berikut di bawah ini cara memotong botol plastik bekas dengan cepat dan rapi, sekaligus membuat kerajinan tangan dari botol bekas aneka warna:

1. Yang pertama kumpulkan aneka macam botol plastik bekas. Siapkanlah beberapa macam botol plastik yang sudah tidak dipakai lagi. Kumpulkanlah beberapa buah dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda.

2. Langkah selanjutnya adalah memotong dengan menggunakan bantuan pisau atau cutter. Potong dan buanglah bagian atas botol plastik, dengan ketinggian sesuai dengan kebutuhan.


3. Potong botol plastik secara melingkar hingga terputus.


4. Setelah botol plastik terpotong, cobalah untuk sedikit merapikan bekas potongan pada bagian atas botol. Gunakan gunting untuk merapikan, dan usahakan agar potongan serata mungkin.


5. Nah ini trik-nya.. Setelah bekas potongan botol dirapikan dengan menggunakan bantuan gunting, sekarang ambillah sebuah setrika. Panaskan setrika hingga cukup panas, dan perlahan-lahan tempelkan bekas potongan botol ke bagian setrika yang panas. Tempelkan sebentar saja sampai bekas potongannya sedikit meleleh dan terlihat rapi, lalu lepaskan.


6. Dan botol plastik bekas pun sudah terpotong rapi dan siap dipakai. Sekarang potongan botol plastik sudah jadi dan bisa digunakan sebagai wadah aneka benda seperti misalnya berbagai peralatan kosmetik, juga aneka perlengkapan mandi, dan lain sebagainya.

Selamat Berkreasi.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)