Boneka Teru-Teru Bozu yang Menyala

13 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Pernah mendengar boneka Teru-teru Bozu? Itu lho yang boneka hantu berwarna putih yang biasa digantung di tepi jendela atau di atas pintu. Boneka ini menurut kepercayaannya bisa membuat cuaca menjadi cerah. Nah disini kita akan diajak untuk membuat boneka seperti Teru-teru Bozu namun ada yang berbeda, yakni bonekanya bisa memancarkan cahaya di malam hari.

Penasaran dengan hasilnya? Langsung aja kita ikuti caranya berikut ini.


Bahan:
· 6 buah bola pingpong berwarna putih
· Kain kasa 20 x 20 cm sebanyak 6 potong
· Lem putih PVA
· Lampu LED natal cahaya kuning

Alat:
· Spidol permanen berwarna hitam
· Silet atau cutter
· Peti telur / tempat penaruh telur
· Lakban coklat
· Wadah kosong

Sudah siap? Yuk langsung saja kita masuk ke cara membuatnya:


1. Buatlah fondasi pada bola pingpong pada peti telur dengan cara mengullung-gulung sepotong lakban dengan sisi perekatnya berada diluar.


2. Lubangi pingpong putih dengan cutter tepat di tengah label merknya.


3. Cobalah cocokan lubang yang dibuat di pingpong dengan lampu natalnya. Usahakan bohlam pada lampu LED natalnya masuk semua. Apabila masih kurang, silahkan lubangi kembali agak besar.


4. Gambarlah ekspresi wajah pada pingpong putih yang diinginkan seperti ekspresi marah, senang, takut, sedih, berwajah drakula dan lain-lain.


5. Taruh dan tekan pingpong yang telah diberi gambar ekspresi ke gulungan lakban seperti pada gambar


6. Tuang lem PVA sekitar 2-3 sendok ke dalam wadah kosong dan campurkan dengan air lalu diaduk sampai benar-benar encer.


7. Celupkan kain kasa yang berukuran 20 x 20 cm ke dalam lem PVA tadi sampai merata. keluarkan dan peras kain kasanya sampai lem tidak menetes namun kain harus tetap basah.


8. Pasangkan kain kasa pada bola pingpong seperti pada gambar dengan perlahan-lahan dan ambil solatip putih dan rekatkan kain kasa tepat di muka ekspresi bola pingpong.


9. Nah, ulangi urutanl yang sama pada 5 hantu sisanya.


10. Terakhir apabila semuanya sudah jadi, masukan lampu LED natalnya ke lubang masing-masing boneka hantunya. Apabila tertutup oleh kain kasa, lubangi ndengan pisau sehingga memudahkan lampu untuk masuk ke pingpongnya.

Dikutip dari craftpassion.com