Boneka Salju dari Sterofoam

10 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Tiap negara memiliki cara yang berbeda ketika menyambut hari Natal. Salah satunya membuat pohon Natal dari pohon beringin. Lain halnya saudara kita yang tinggal di daerah dingin menyambut Natal. Mereka akan memanfaatkan musim salju sebagai ajang untuk membuat boneka salju Natal.

Apakah kita bisa membuat boneka salju tanpa salju? Tentu saja bisa karena disini aka diajarkan cara untuk membuat boneka salju dari bahan sterofoam. Penasaran? Yuk intip cara pembuatannya.

Alat dan bahan

· Bola sterofoam berdiameter 2,5 cm
· Bola sterofoam berdiameter 5 cm
· Kain flanel berwarna merah
· Benang berwarna putih
· Butir-butir hitam untuk mata,mulut, serta kancing kecil
· Manik-manik berwarna putih gemerlap (bubuk)
· Gunting
· Lem
· Lem tembak panas
· Kawat bunga
· Pensil atau pena
· Penjepit pakaian (untuk melengkungkan topi)

Cara pembuatan

1. Sebelum memulai, sebaiknya anda panaskan terlebih dahulu lem tembaknya agar cepat panas ketika digunakan. Untuk membuat boneka salju, potong bagian ujung bola sterofoam yang berukuran 5 cm untuk membuat fondasi boneka agar tetap berdiri


2. Tempelkan bola sterofoam yang berukuran 2,5 cm diatas bola sterofoam yang berukuran 5 cm di tengah dan sejajar dengan lem panas. Untuk pengeleman, bola yang berukuran kecil diberi lem panas bukan pada bola besar karena lem bisa luber.


3. Masukan kawat bunga tepat ditengah atas bola sterofoam yang telah dibuat. Pemasukan kawat dimulai dari bagian kepala terlebih dahulu, Bukan sebaliknya. Kemudian bubuhkan lem (bukan panas) ke seluruh bagian kepala dan badan boneka dan lapisi dengan bubuk manik-manik berwarna putih gemerlap kecuali bagian datar pada bawah boneka sehingga menjadi seperti gambar berikut.


4. Sambil menunggu kering, siapkan kain flanel merah untuk syal dan topi boneka saljunya. Potong setengah lingkaran dari lingkaran yang berdiameter 7,5cm untuk topi dan syal merah berbentuk persegi panjang sekitar 7,5 cm dan lebar 2-3 cm.


5. Jika boneka saljunya sudah kering, dengan perlahan gulung kain flanel setengah lingkarannya hingga membentuk kerucut dan oleskan lem pada saah satu ujung badan kerucut. Sehingga topinya berbentuk kerucut.


6. Untuk hasil nomor 5 bisa dilihat digambar berikut. Tunggu hingga kering.


7. Apabila telah kering, beri lem pada sisi dalam topi kerucut seperti pada gambar dan tempelkan pada kepala boneka


8. Kemudian, bubuhkan lem pada bagian luar sisi topi kerucut seperti pada pemberian lem pada sisi dalam dan tindih dengan benang putih melingkari bagian topi kerucut.Untuk membuat ujung topi kerucutnya jatuh, jepit dengan menggunakan penjepit pakaian.


9.Beri lem untuk semua bagian wajah boneka dan beri manik-manik pada ujung topi, buat mata, hidung, mulut dan kancing-kancing kecil di badan boneka.


10.Terakhir kenakan syal pada boneka secara perlahan dan hati-hati di leher boneka. Putar sedikit syalnya agar menambah gaya pada boneka dan beri lem pada persimpangan 2 kain seperti pada gambar.

Bagaimana? Mirip bukan? Selamat mencoba!

(Dikutip dari craftpassion.com)
Tags