Bingkai Photo yang Unik dari Kardus Bekas dan Tali

22 Juli 2015 Tutorial Lain-Lain


Photo merupakan secarik kertas yang berisikan gambar diri kita yang diabadikan dalam sebuah momen tertentu. Dengan adanya photo maka kita semua bisa mengingat dan mengenang momen-momen yang telah terjadi. Ketika hendak memajang photo pastinya kita tidak bisa terlepas dari bingkai photo, karena jika menempelkannya dengan cara yang cuma-cuma maka akan mempengaruhi penampilan rumah kita. Dewasa ini banyak sekali orang yang memproduksi bingkai photo untuk dijual dan dijajakan di toko-toko. Mulai dari harga yang rendah hingga yang tinggi sekalipun kini sudah tersedia. Namun, sebenarnya tanpa membeli pun kita bisa mendapatkan bingkai photo ini yaitu dengan membuatnya sendiri.

Alat dan bahan yang diperlukan:
*. Photo yang akan ditempelkan pada bingkai
*. Kardus secukupya
*. Tali/benang kasur/benang wol
*. Lakban bening atau lakban kertas
*. Gunting
*. Cutter
*. Pensil atau pen
*. Lem tembak
*. Kertas dan penggaris

Berikut langkah-langkah membuatnya:
1. Ambil kertas yang telah disiapkan, lalu cetak bentuk dan ukuran photo yang telah disiapkan pada kertas tersebut. Setelah itu, gunting bentuk photo pada kertas lebih kecil dibandingkan dengan ukuran photo sebenarnya.


2. Selanjutnya, ambil kardus yang telah disiapkan lalu cetak kertas yang sebelumnya telah digunting pada kardus tersebut. Lebihi lebar kardus dan tinggi kardus dari kertas kira-kira 4 cm untuk sekelilingnya. Kemudian gunting kardus sesuai dengan bentuk dan ukuran yang telah dibuat, lalu potong bentuk persegi panjang bagian dalam pada kardus tersebut dengan menggunakan cutter. Buat dua kardus dengan bentuk seperti ini dan tempelkan menjadi satu.


3. Setelah itu, ambil tali atau benang kasur dan tempelkan ujung tali tersebut pada kardus dengan menggunakan lem. Selanjutnya bungkus seluruh bagian kardus dengan tali tersebut hingga permukaan dari kardus tidak terlihat. Ketika membungkusnya aplikasikan sedikit demi sedikit lem pada kardus agar tali bisa merekat dengan sempurna dan tidak terlepas kembali


4. Terakhir, tempelkan photo pada bingkai tersebut dan rekatkan bagian belakang photo dengan menggunakan lakban yang telah disiapkan.


Cukup mudah bukan? Selamat mencoba..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari bisikan.com)