Berkreasi Membuat Pot Lucu dari Botol Bekas

20 Januari 2015 Tutorial Lain-Lain


Tidak heran jika zaman modern ini pasti memiliki berbagai perubahan dalam kehidupan sehari-hari. contohnya saja seperti dalam segi konsumsi yakni minuman. Minuman yang kita beli kebanyakan menggunakan kemasan terutama adalah botol plastik. Setelah dinikmati minumannya, banyak orang yang lebih memilih untuk membuangnya ketimbang memanfaatkan kembali.

Bayangkan saja jika lebih dari 5 milyar orang mengonsumsi 1 botol minuman. Berapakah jumlah botol yang akan menjadi sampah? Dan itu baru sehari saja, bagaimana jika setiap orang mengonsumsi setiap hari? tentu sampah botol bisa membludak dalam jumlah yang sangat banyak. Tentu saja sampah botol akan merusak lingkungan. Nah, untuk menghindari hal tersebut kita harus memanfaatkannya seperti pedoman 3R (Recycle, Reuse & Reduce).

Salah satu pemanfaatan botol bekas ini adalah dengan menciptakan ide kreatif dalam seni. Kali ini kita akan membuat pot tumbuhan dari botol bekas dan pastinya pot ini unik dari pot tumbuhan biasanya. Supaya tidak penasaran, anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:

· Botol bekas (permukaan bawah yang bergerigi) seperti botol minuman bersoda
· Cat warna (warna bisa ditentukan oleh keinginan) seperti warna putih, biru,coklat dan merah
· Kuas cat
· Gunting
· Klise untuk pot bisa diunduh disini

Cara pembuatan:

1. Siapkan minimal 2 botol namun ambil bagian bawahnya saja dengan ukuran sama besar. Setelah itu print klise yang telah disediakan dan gunting klise tersebut. Setelah digunting, tempelkan ke sisi permukaan botol. Sesudahnya, potong botol dengan menggunakan gunting dan ikuti sesuai dengan klise. Pada mulut botol ditengah anda dapat membuat lubang sebagai tempat tali untuk digantungkan. Untuk botol yang satu lagi anda dapat mengikuti langkah sebelumnya.


2. Jika sudah, akan terlihat bentuk kepala kelinci dan beruang. Untuk menghilangkan transparansi pada botol, anda dapat menutupnya dengan memberikan cat putih keseluruh bagian pada kedua botol dan usahakan setiap sisi tertutup oleh cat putih. Apabila sudah, silahkan tunggu beberapa saat hingga mengering.


3. Jika sudah mengering, sekarang saatnya untuk sesu pemberian warna. Kita ambil botol berbentuk kepala beruang. Pada bagian kepala beruang, anda bisa memberikan warna coklah dengan memberikan bentuk elips di tengah-tengahnya dengan warna putih. Setelah itu sisanya berikan warna biru pada semua sisi botol kecuali bagian wajah beruang. Setelah diberikan warna biru dan merata, anda dapat menambahkan corak berwarna putih pada bagian birunya seperti gambar berikut. Terakhir, berikan gambar ekspresi pada wajah beruang.


4. Diamkan beberapa saat untuk botol beruang. Sekarang kita hias botol berbentuk kepala kelinci. Beri batas untuk wajah kelinci. Untuk sisanya bisa diberikan warna merah kesemua sisi kecuali bagian wajah kelinci. Diamkan beberapa saat sampai mengering. Setelah itu, berikan corak dengan warna putih contohnya corak hati pada sisi berwarna merah. Jika sudah, gambarkan ekspresi pada wajah kelinci seperti gambar berikut.


5. Keringkan kedua botol yang bentuk tersebut hingga benar-benar kering. Anda dapat menambahkan pita pada wajah beruang dan kelinci sebagai dasi untuk memberikan kesan unik pada karya anda.


6. Terakhir, masukan pot atau tumbuhannya beserta tanah kedalam pot plastik berbentuk kelinci dan beruang ini. Anda dapat menggantungkan tanamannya ketempat yang diingikan seperti di teras rumah atau hiasan di dalam rumah. Selamat mencoba.


Oleh: Albert S.
(Dikutip dari muyingenioso.com)
Tags