Barongsai dari Bahan Bekas

2 Juni 2017 Tutorial Lain-Lain


Sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Imlek yang akan jatuh pada minggu depan. Apa saja ya yang ada pada hari raya tersebut? ya, kita bisa melihat pertunjukan barongsai atau boneka naga yang menampikan aksi-aksi yang membuat orang berdecak kagum. Nah, kita juga bisa membuatnya dengan mengandalkan kreativitas masing-masing.


Nah, bagi kalian yang ingin membuat barongsai yuk siapkan alat dan bahannya seperti:


· Gelas plastik bekas (7)
· Karton tabung toilet bekas
· Kertas krep
· Sebatang kayu
· Benang wol
· Gambar kepala naga yang sudah dipotong

Cara pembuatan:

1. Potong terlebih dahulu kemasan tabung menjadi 2 bagian. Buatlah sekitar 6 buah tabung. Setelah dipotong, lubangi semua pada bagian dasar gelas plastik bekas. Untuk menyambungkan tabung dan gelas plastik, kita bisa mengambil benang wol dan sambungkan dengan tabung tersebut. lakukan hingga semuanya tersambung memanjang.hasilnya bisa dilihat pada hasil akhir berikut ini.

2. Pada bagian atas pada gelas plastik yang telah disambung, lubangi kembali pada bagian mulut gelas seperti gambar berikut. Buatlah 2 lubang pada salah satu bagian mulut gelas. Setelah itu, ambil kayu dan ikatkan 2 helai benang dan sambungkan pada lubang pada mulut gelas yang telah dilubangi.


3. Setelah itu, ambil gambar naga yang telah dibuat dan tempelkan pada bagian depan. Gunakan lem untuk menempelkannya. Untuk memeriahkan barongsai yang dibuat, ambil kertas krep dan tempel dengan warna-warni kertas yang berbeda. Setelah ditempelkan. Diamkan beberapa saat hingga kering. kemudian cobalah gantungkan atau dibawa. Unik bukan?


Oleh: Albert S.
(Dikutip dari sturdyforcommonthings.com)