Aksesori Kunci dari Tanah Liat

18 Juni 2015 Tutorial Lain-Lain


Pernah mengenal tanah liat berwarna? Ya, alat mainan ini memang sudah dikenal sejak tahun 80an hingga kini. Dengan tanah liat ini, kita bisa membuat apa yang diinginkan karena bentuknya padat namun bisa dibentuk sesuai keinginan. Tidak heran jika disekolah pernah mengajarkan kesenian bagi anak-anak dengan alat permainan ini.


Meskipun untuk mainan anak-anak, tanah liat ini juga bisa menghasilkan karya seni yang unik seperti halnya gantungan kunci. Gantungan kunci yang akan dibuat pastinya membuat Anda tertarik untuk membuatnya karena unik dan lucu. Untuk membuat gantungan kunci ini, yuk siapkan alat dan bahannya seperti:

· Tanah liat berwarna (putih, kuning, merah jambu)
· Manik-manik hitam 2 buah dengan diameter yang sama
· Lonceng mainan berukuran kecil
· Rantai gantungan kunci
· Tusuk gigi
· Tutup bekas pulpen
· Lem PVC / Lem tembak (jika diperlukan)

Cara Pembuatan:


1. Ambil tanah liat yang berwarna putih dan buat menjadi bentuk bulat. Usahakan benar-benar bulat untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jika sudah membentuk tanah liat menjadi bulat, sekarang ambil tanah liat berwarna merah dan linting tanah liat sehingga memanjang kemudian ambil beberapa bagian untuk dibuat menjadi oval. Setelah itu ambil tanah liat berwarna kuning dan buatlah 2 bentuk bulat. Tanah liat yang putih untuk badan, tanah liat berwana merah untukekor dan hidung serta yang kuning untuk telinga.


2. Setelah itu ambil tanah liat putih yang dibentuk menjadi bulat. Untuk membentuk wajah dari gantungan kunci, kita dapat menggunakan tusuk gigi & tutup bekas pulpen. Caranya letakan tusuk gigi secara vertikal pada bagian tengah dan tekan hingga membentuk cekungan kecil. Lakukan juga pada bagian belakang dengan cara yang sama. setelah itu, kita membuat bentuk mata dengan cara menusukan tutup pulpen diantara garis yang telah diberikan seperti gambar berikut.


3. Setelah membentuk muka, kini saatnya kita memberikan beberapa aksesori pada wajahnya. Pertama dimulai dari memberikan manik-manik berwarna hitam pada bagian mata. Setelah itu kita membuat hidung. Caranya ambil tanah liat yang berbentuk oval berwarna merah dan tempelkan pada bagian tengah garis lurus. Setelah itu berikan 2 lubang dengan menusukan tusuk gigi pada tanah liat. Setelah itu kita beralih pada bagian belakang. Kita buat ekornya dengan menggunakan tanah liat yang dilinting berwarna merah.


4. Jika sudah membuat ekornya, kita dapat membengkokkannya pada gambar berikut. Untuk membuat telinga kita gunakan tusuk gigi. Caranya buat tanah liat yang berwarna kuning menjadi pipih. Setelah itu lingkarkan pada ujung tusuk gigi namun pada bagian atas tidak dilipat seperti pada gambar berikut. Untuk membuat telinga, lubangi tanah liat yang putih pada bagian atas seperti gambar.


5. Untuk memasangkan telinga pada bagian kepala caranya dengan memasukan ujung telinga yang terlipat seperti gambar. Usahakan menempelkan secara hati-hati karena mengingat tanah liat dapat berubah bentuk apabila tidak perlahan. Agar lebih kuat, Anda dapat menggunakan lem PVC atau lem tembak. Lakukan cara ini untuk memasang telinga pada sisi satunya.


6. Supaya bisa digantungkan, tambahkan rantai gantungan kunci pada bagian atas kepala dan juga lonceng kecil pada bagian bawah untuk membuat karya seni menjadi unik. Agar bisa menjadi gantungan kunci. Letakan dibawah sinar matahari selama 1 hari agar tanah liat menjadi padat. Jadilah gantungan kunci berbentuk binatang!

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari craftpassion.com)