Aksesori Gelang dari Kain Flanel

5 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Kain perca atau kain flanel seringkali sedikit dimanfaatkan oleh beberapa orang. Padahal apabila jika bisa dimanfaatkan maka kain flanel akan menjadi karya seni yang indah serta unik. Nah, Kali ini kita akan membuat aksesori yang masih tenar yakni gelang. Memang sekilas jika mendengar gelang, maka orang beranggapan biasa saja namun disini kita bisa membuat gelang dengan peralatan dan bahan yang sederhana.

Bagaimana ? penasaran dengan pembuatannya? Yuk kita lansung saja intip cara pembuatannya.

Alat dan bahan:

· Kain flanel / percah dengan warna bebas (di sini kita menggunakan warna biru)
· Lem kain / lem putih
· Gelang polos yang bisa dibuka (gelang berbentuk tali pinggang)

Cara pembuatan:


1. Nah, sekarang siapkan kain flanel dengan warna yang sama dengan ukuran yang berbeda. Potong kain hingga terbagi atas 3 kain dengan bentuk yang berbeda. Perhatikan pada gambar. Kain yang paling atas berukuran 2,5 cm x 6.25 cm kemudian pada tengah dengan ukuran 2,5 cm x 10 cm dan paling bawah berukuran 6,25 cm x 1,25 cm.


2. Sekarang ambil kain flanel yang paling panjang. Lipat kedua ujung kiri dan kanan ke tengah kain. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Setelah itu, anda dapat menambahkan lem panas pada bagian tengah untuk merekatkan ujung pada masing-masing sisi atau bisa juga dijahit secara manual.


3. Jika sudah, sekarang ambil kain yang telah dipotong pada ujung kiri dan kanan. Setelah itu, letakan kain yang telah dijahit atau diberi lem panas di atas kain yang dipotong pada ujungnya. Untuk caranya, silahkan anda dapat melihatnya pada gambar berikut.


4. Kemudian setelah itu, ambil kain terakhir lalu ikat tepat pada sisi tengah pita yang akan dibuat. untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Perlu diperhatikan. Supaya ikatan pada sisi tengah kuat, dapat menggunakan lem. Caranya berikan lem pada bagian tengah kain setelah itu ikat seperti pada gambar.


5. Terakhir, anda dapat menambahkan gelang yang telah disiapkan lalu tempel dengan menggunakan lem pada bagian tengah gelang. Anda dapat melihat hasilnya pada gambar berikut. Anda dapat membuat gelang dengan warna yang berbeda.

Oleh: Albert S
(Disadur dari momcraftyspace.blogspot.com)