Tutorial Menggunakan Aplikasi Google Form

12 Februari 2015 Tutorial Komputer


Sekarang ini semakin banyak akun dengan kegunaan yang beraneka ragam. Contohnya pada anda yang memiliki akun Google, dapat mengoperasikan Google Calendar, membuat form, membuat powerpoint, sampai menyimpan data.

Berikut ini akan dibahas bagaimana Cara membuat formulir menggunakan Google Form. Google Form ini merupakan sebuah Formulir online yang dapat diakses di mana saja selama terdapat koneksi internet, sehingga untuk mengisi sebuah formulir pendaftaran misalnya, anda tidak perlu mendownload kemudian mengirimkan formulir tersebut via pos dan sebagainya.

Google Form adalah salah satu aplikasi dari akun Google yang bersifat umum. Sehingga untuk membuat suatu Form pada Google diwajibkan harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Dengan Google Form semua orang dapat membuat suatu form yang dapat ditemukan oleh semua orang dipenjuru dunia. Untuk mengisi Form yang telah dibuat pada Google Form, orang lain tidak perlu memiliki akun Google sehinga dapat dikatakan Form tersebut bersifat umum. Namun salah satu kelemahan dari Google Form baik dalam pembuatan Form maupun pengisian Form harus melalui gatget yang terkoneksi dengan internet. Pembuatan Google Form dapat dilakukan melalui leptop, komputer dan bahkan Smartphone.

Langkah pertama untuk dapat membuat Google Form ini tentu saja anda harus memiliki Akun Google. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Setelah masuk ke google.com, pilih Drive.

2. Klik "Buat" kemudian pilih "Formulir" / "Form" untuk memulai pembuatan formulir

3. Ketikkan Nama Formulir pada Kolom Judul Formulir, kemudian pilih tema untuk background formulir yang anda inginkan lalu klik "Oke"

4. Ketikkan Judul dan Deskripsi Formulir pada kolom yang telah disediakan. Kemudian masukkan Judul Pertanyaan, Teks Bantuan (Jika dikehendaki), dan pilih Jenis Pertanyaan. Jika anda memasukkan Judul Pertanyaan seperti "Nama" misalnya, pilih Jenis Pertanyaan "Teks", dan masih banyak Jenis Pertanyaan, silakan dicoba-coba sendiri. Untuk kolom Pertanyaan Wajib di bawah itu silakan dicentang apabila Pertanyaan tersebut bersifat wajib diisi.

5. Untuk menambahkan pertanyaan klik "Tambahkan Item"

6. Setelah selesai memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang dikehendaki, klik "Kirim Formulir" untuk dapat memberikan Formulir tersebut kepada orang-orang yang dituju

7. Masukkan beberapa alamat e-mail orang yang anda tuju kemudian klik "Selesai"

8. Setelah selesai klik "Kirim" untuk mengirim undangan Formulir tersebut

9. Jika terdapat tampilan "pilih tujuan tanggapan", dapat langsung di close

10. Selesai.

Selamat mencoba

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari beberapa sumber & Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com)