Trik Mudah Menghemat Bandwidth Internet

16 Januari 2015 Tutorial Komputer


Sekarang ini kebutuhan akan internet telah menjadi kebutuhan pokok hampir di semua kalangan masyarakat. Situasi seperti ini jelas membutuhkan banyak biaya saat Anda ingin terhubung ke internet. Untuk mengurangi biaya tersebut, ada kalanya kita dihadapkan penghematan bandwidth. Mungkin dari Anda ingin tahu bagaimana agar mempercepat internet dan menghemat bandwidth.
Trik ini sangat berguna jika Anda memasang internet yang menggunakan paket quota bandwidth / Volume Based.

Berikut beberapa trik menghemat bandwidth:
1. Menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound

Jika Anda melakukan browsing ke suatu situs dan hanya membutuhkan info text nya saja di situs tersebut, Anda bisa menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound.
Untuk Firefox: Tools -> Options -> Content
Untuk IE: Tools -> Internet Options -> Advanced

2. Matikan setting Automatic Update
Mematikan setting automatic update pada windows, antivirus, maupun software yang lain dan pindah ke setting ke manual update. Karena ada beberapa software yang kita install melakukan automatic update secara otomatis ketika kita konek ke internet.

3. Install add-ons Adblock Plus
Plugin ini berfungsi untuk memblokir iklan-iklan yang muncul di suatu website kalo kita membukanya. Untuk Firefox Anda bisa menginstall add ons adblock plus. Add-Ons ini mampu memblok iklan gambar dan iklan flash. Download Adblock Plus disini

4. Gunakan program Toonel
Dengan software ini maka data yang akan masuk dan keluar akan di kompres terlebih dahulu sebelum masuk ke komputer kita. Anda bisa mendownload toonel.net disini

5. Gunakan webmail yang support AJAX
Gunakan layanan e-mail yang support AJAX dimana tampilan bekerja efisien sehingga data yang kita download akan lebih kecil. Webmail yang support ajax antara lain Gmail dan Yahoo! Mail versi terbarunya.

6. Gunakan satu aplikasi browser saja
Gunakan salah satu browser saja. Misalnya jika Anda menggunakan Firefox gunakanlah Firefox seterusnya. Kalau Internet Explorer gunakanlah Internet Explorer seterusnya. Jangan berpindah-pindah. Karena setiap browser memiliki cache tersendiri, sehingga jika Anda membuka situs yang sudah pernah dikunjungi, maka browser tersebut tidak akan mendownload seluruh data lagi, karena beberapa sudah tersimpan di browser komputer Anda berupa cache.

Semoga Bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)