Trik Mengetahui Jika Komputer Telah Dipakai Orang Lain

29 Juli 2016 Tutorial Komputer


Jika Anda memiliki sebuah komputer di kantor yang mana isinya adalah file-file penting dan juga rahasia, maka ada baiknya Anda segera mengamankan komputer Anda dari tangan-tangan jahil. Anda pun bisa dengan mudah untuk mengetahui apa saja yang telah diakses orang lain di komputer Anda melalui cara berikut ini.

Melacak siapa yang telah memasang Flash Disk dengan program USBDeview


Cara ini menggunakan program USBDeview. Program ini akan menyimpan dan mencatat semua perangkat USB seperti flashdisk yang telah digunakan pada komputer Anda. Dengan cara ini tentunya Anda bisa mengetahui apa ada yang telah menggunakan komputer Anda, saat sedang Anda tidak ada. Jika memang komputer Anda termasuk komputer penting yang berisi data-data rahasia, program ini wajib Anda gunakan untuk.

Cek penggunaan PC dengan program Open Save Files View


Cara ini menggunakan sebuah program yang bernama Open Save Files View. Cara kerja adalah mencari tahu semua file yang telah dibuka dan juga dicari oleh seseorang tanpa seizin Anda, dengan cara menampilkan semua daftar recent file yang telah dibuka. Dengan mengetahui hal tentunya Anda bisa lebih mengamankan file-file penting yang ada di komputer Anda, dengan cara menyembunyikan atau melakukan enkripsi file, agar tidak ada lagi yang bisa mengacak-acak file-file di komputer Anda.

Mengecek file video yang terbuka dengan program video player


Umumnya, setiap perangkat komputer seperti PC atau laptop telah terinstal program video player seperti K-Lite, KMPlayer, atau VLC. Mungkin ini salah satu yang tidak Anda ketahui dari program video player. Video player memiliki fitur untuk menyimpan berbagai recent file yang telah dibuka. Dengan cara ini tentunya Anda bisa dengan mudah untuk mengetahui file-file video apa saja yang telah dibuka pada komputer Anda. Fitur ini biasanya bisa Anda dapatkan dari menu-menu yang ada di bagian atas masing-masing video player tersebut.

Memeriksa recent places untuk komputer Windows


Windows memiliki fitur yang telah dipasang di dalamnya dari dulu yaitu recent places. Fitur ini akan menyimpan berbagai file-file yang telah terbuka pada komputer Anda sebelumnya. Recent places ini berisikan berbagai folder dan juga file yang telah dibuka di komputer. Dengan cara ini tentunya Anda bisa dengan mudah folder serta file-file apa saja yang telah terbuka di komputer Anda. Tentunya Anda bisa membedakan folder atau file yang telah Anda buka dengan yang orang lain buka.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah komputer Anda telah digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan atau seizin Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)