Tips Terbaik Merawat Layar Monitor Komputer atau Laptop

14 Februari 2015 Tutorial Komputer


Apakah layar monitor komputer maupun laptop Anda sudah buram ? Jika iya maka sudah seharusnya Anda bisa merawat layar monitor komputer atau laptop Anda dengan sebaik-baiknya. Terkadang merawat layar monitor komputer terlihat sepele sehingga mungkin Anda jarang mengelap layar komputer Anda. Padahal jika Anda rajin membersihkan layar komputer Anda maka tentunya akan kelihatan bersih dan bening dipandang mata. Merawat layar monitor komputer ataupun laptop memang kelihatan mudah, tinggal di lap saja sampai bersih. Akan tetapi Anda harus tahu bahwa jika asal ngelap nanti layar monitor Anda malah jadi buram.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat layar monitor komputer Anda:
*. Jangan menggunakan kain berbahan katun kertas, kertas toilet, kertas tisu, atau sesuatu seperti baju untuk membersihkan layar LCD dan juga bahan-bahan semacam non-ultrasoft, karena sangat memungkinkan menggores layar pc atau laptop Anda.
*. Jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia, etil alkohol, aseton, toluena, asam etil, atau metil klorida
*. Jangan menyemprotkan zat cair secara langsung ke layar monitor ini bisa mengakibatkan kerusakan, terlebih lagi jika monitor dalam kondisi on.
*. Pastikan ketika dilakukan pembersihan kondisikan monitor dalam keadaan off.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat layar monitor komputer ataupun laptop Anda. Dan berikut langkah-langkah merawat layar monitor komputer Anda:
1. Siapkan kuas atau kain halus yang penting tidak berbahan seperti non-ultrasoft.
2. Usahakan agar mematikan layar monitor terlebih dahulu ketika mau membersihkan layar monitor.
3. Semprotkan zat cair khusus pembersih layar LCD monitor, setelah di semprotkan, layar di lap secara perlahan dengan menggunakan kain halus semacam kain pembersih kaca mata. Usahakan dengan gerakan mengelap satu arah.
4. Ketika membersihkan jangan terlalu memberikan tekanan yang keras, tetap perlahan-lahan dan kain juga harus dalam keadaan basah karena jika kain dalam kondisi kering, kotoran masih belum terangkat secara maksimal.
5. Saat menggunakan cairan pembersih monitor, sebaiknya tidak menyemprotkan cairan secara langsung pada monitor. Untuk amannya, semprotkan terlebih dahulu pada kain lap.
6. Untuk keamanan monitor LCD, gunakan screen protector yang dapat melindungi monitor dari debu atau goresan.
7. Sebaiknya tidak meletakkan spiker atau benda-benda elektronik, karena disinyalir dapat menyebabkan gangguan magnetic, sehingga merusak tampilan monitor.
8. Hindari pula kebiasaan meletakkan monitor atau perangkat elektronik lainnya pada lokasi yang terkena sinar matahari langsung, karena dapat merusak ketahanan elektronik tersebut.

Semoga bermanfaat .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)