Tips Sederhana Memilih Keyboard Komputer yang Benar

22 Februari 2016 Tutorial Komputer


Memilih atau membeli keyboard komputer mungkin dinilai hanya perkara remeh. Akan tetapi nyatanya ketika salah dalam membeli keyboard tentunya akan merasa sangat menyesal, karena hal yang jarang diperhatikan, bahwa peran keyboard cukup vital, karena sangat mempengaruhi kenyamanan dalam mengakses komputer. Keyboard menjadi perantara input perintah yang diberikan kepada komputer, dengan melalui ketikan inilah maka CPU menerima input, dan merespon perintah sesuai dengan yang diharapkan. Kualitas atau kecocokan keyboard menjadi sangat terasa saat mengetik dokumen, dimana ketika mengetik hingga berjam-jam maka kenyamanan ketika menekan tombol-tombol yang ada di keyboard menjadi sangat penting.

Berikut ini tips dalam memilih keyboard komputer yang baik dan benar:
1. Pemilihan port penghubung

Port penghubung atau kabel colokan keyboard terdapat tiga jenis sekarang ini, seperti ps/2, USB, dan wireless. Dari segi efisiensi, maka wireless merupakan pilihan baik, walaupun keyboard wireless menggunakan baterai, tetapi pemakaian daya baterai pada keyboard sedikit saja. Apabila Anda tidak ingin meja komputer penuh dengan kabel keyboard, maka Anda bisa pilih saja yang bertipe wireless ini. Pada umumnya keyboard jenis wireless memakai sistem jaringan Bluetooth, dengan begitu tidak perlu lagi adanya sambungan kabel. Pilihan lainnya yaitu menggunakan port USB, adapun port PS/2 adalah yang jenis lama. Kebanyakannya saat ini keyboard juga dijual adalah jenis port USB, baik itu yang dengan kabel maupun nirkabel. Jika menggunakannya yang ini, maka pastikan Anda memiliki satu slot USB kosong untuk dipasangi keyboard yang menggunakan port USB.

2. Perhatikan Fisik & Fitur
Sekarang ini beredar keyboard dengan berbagai macam model dan juga berbagai fitur yang dimiliki. Ketika berkunjung ke toko komputer yang lengkap, maka akan melihat keyboard dengan berbagai bentuknya, mulai dari yang kecil hingga ada yang sangat besar. Selain itu ada keyboard yang berbahan karet, sampai ada juga dengan bentuk pola-pola yang unik. Selain itu juga ada yang tebal, dan ada juga yang sangat tipis, sehingga dapat digulung oleh penggunanya. Untuk itu, sebelum membeli keyboard, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Anda perlu memperhatikan ketersediaan tombol angka-angka pada keyboard, perhatikan juga model penyusunan tombol ada yang QWERTY dan ada juga yang DVORAX.

3. Pilih model mekanisme tombol
Ada 3 jenis mekanisme keyboard sekarang ini seperti jenis silicon dome, tombol scissor dan mechanical. Pada keyboard standar yang ada, memakai mekanisme silicon dome pada setiap tombol di keyboard, yang tidak terlalu awet, akan tetapi harganya lebih terjangkau. Pada jenis tombol scissor, mekanisme tombol terasa lebih halus, Keyboard dengan jenis seperti ini cukup direkomendasikan apabila Anda orang cukup sering bekerja dengan komputer, terutama untuk membuat dokumen yang banyak aktifitas mengetik. Untuk model mekanikal menggunakan teknologi pegas, yang juga cocok digunakan oleh orang yang sering menggunakan komputer, keyboard jenis ini sangat awet digunakan dan ketahanannya bagus, Sehingga jika Anda sering bermain game, maka cocok menggunakan keyboard jenis mekanikal

4. Bentuk & Dimensi Keyboard
Bentuk fisik keyboard juga cukup penting menjadi pertimbangan dalam membeli keyboard, untuk itu, belilah keyboard yang bentuknya memang nyaman untuk digunakan. Jangan hanya memperhatikan dari bentuk cantik dan imutnya keyboard saja, tapi juga perhatikan fungsi dan kenyamanan-nya. Sekarang ini terdapat keyboard yang didesain dengan menyertakan bantalan (wrist pad), yang menyatu dengan keyboard, yang membuat nyaman ketika mengetik.

5. Perhatikan tombol yang ada pada keyboard
Anda perlu memperhatikan dan meneliti sedikit tombol-tombol yang ada pada keyboard tersebut, untuk memastikan dalam keadaan bagus,. Sehingga terhindar dari membeli barang lecet atau tidak berkualitas.

6. Aktifitas di komputer, mengetik atau bermain game?
Belilah laptop yang sesuai kebutuhan, bagi yang menggunakan komputer untuk bermain game, maka gunakan keyboard yang dirancang khusus untuk bermain game, sehingga lebih terasa nyaman. Dimana pada keyboard game terdapat tambahan fitur-fitur tombol agar gamer lebih mudah dan praktis dalam menjalankan perintah yang ada pada game. Adapun jika aktifitasnya, lebih sering membuat dokumen atau mengetik, maka beli saja keyboard jenis standar, yang harganya lebih murah dibandingkan dengan keyboard game.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)