Tips Mudah Mengganti Kata pada Dokumen Microsoft Word

15 Oktober 2014 Tutorial Komputer


Kesalahan pengetikan lazim terjadi saat penyusunan laporan atau dokumen. Kita menyadari kesalahan tersebut saat kita melakukan review atau koreksi sebelum dokumen dicetak atau print. Pada saat mengetik pada lembar kerja dokumen di ms word, kita akan dihadapkan pada ribuan kata yang tersusun menjadi satu sehingga membentuk kalimat-kalimat yang sangat panjang yang menyusun sebuah paragraf. Sehingga pada saat kita ingin mengganti kata pada lembar kerja tersebut menjadi kata yang baru maka kita harus mencari satu persatu kata kemudian menggatinya. Sekarang yang menjadi masalah bagaimana jika jumlah kata yang dirubah berjumlah ratusan? haruskah kita meneliti satu per satu kata dan mengganti kata tersebut?

Penulis dapat dengan cepat menggati semua kata yang ada pada lembar kerja ms word hanya dengan beberapa waktu, sehingga pekerjaan Anda akan terselesaikan lebih cepat. Cara cepat menggati kata yang ada pada lembar kerja ms word penulis dapat menggunakan fungsi find and replace sehingga pekerjaan tersebut tidak memakan waktu dan dapat dikerjakan dengan cepat.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka lembar kerja ms word yang akan dirubah
2. Pada menu HOME pilih FIND pada group editing. Atau jika ingin menggunakan cara pintas dari keyboard penulis bisa menggunakan tombol shortcup dari keyboard yaitu dengan menekan tombol CTRL + F.

3. Selanjutnya akan muncul jendela FIND AND REPLACE
4. Klik menu REPLACE untuk mencari kata yang akan dirubah.


5. Pada kolom FIND WHAT masukan kata yang akan dirubah
6. Pada kolom REPLACE WITH masukan kata yang akan digunakan untuk mengganti kata sebelumnya.

Klik REPLACE ALL

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)