Tips Mudah Membuat Perhitungan Otomatis MS Excel 2007

7 April 2016 Tutorial Komputer


Microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet (lembar kerja elektronik). Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh microsoft corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.Perhitungan otomatis sangat membantu kita untuk menghitung dengan cepat, tanpa harus berpikir dulu berapa jumlah dari hasil perkalian, pengurangan, pembagian dan penambahan dari suatu perhitungan. Hasilnya pun otomatis muncul, dan tidak harus diketik sendiri oleh kita.

Berikut tips membuat perhitungan otomatis di excel 2007:
1. Buka Microsoft Excel 2007 Anda. Dan Klik Formula pada bagian atas sidebar. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

2. Selanjutnya klik Calculation Options > Centang Automatics.


3. Selanjutnya buat percobaan. Buatlah kotak penjumlahan seperti dibawah ini.


4. Masukan angka ke beberapa kotak seperti diatas, selanjutnya klik Kotak B10 dan klikAutosom (di sebelah kanan atas home). dan Enter


Keterangan: B10 adalah kotak tempat hasil penjumlahan dari kotak B2 sampai B9. Jadi setiap kita masukan angka dari kotak B2-B9 Maka Kotak B10 akan Menjumlahkannya Secara Otomatis.


5. Selesai. Setelah kita mengatur perhitungan secara otomatis, maka pengurangan, perkalian dan pembagian juga akan menghitung secara otomatis.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dario berbagai sumber)