Tips Merawat Laptop

5 Juli 2014 Tutorial Komputer


Walaupun laptop adalah benda mati, namun kita juga harus menjaga dan merawatnya dengan baik dan benar. Sebab laptop yang dirawat dengan baik akan tetap awet. Sayang bukan kalau laptop yang selalu kita gunakan selama ini rusak sehingga tidak dapat membantu kita lagi. Mengingat harga laptop dan harga komponen laptop seperti baterai laptop, LCD, hard disk, dan komponen lain pada laptop yang mahal. Kadang seseorang sering mengabaikan hal-hal yang paling sepele yang membuat laptop menjadi cepat rusak.

Berikut beberapa tips untuk merawat laptop:

1.Jangan mematikan laptop langsung dari tombol power, jadi usahakan mematikan laptop pada tombol shutdown.

2. Jangan download sembarangan. ketika bertemu dengan internet kecepatan tinggi, biasanya kita langsung mendownload aplikasi atau file- file apa saja. Tahukah Anda bahwa saat ini sangat banyak sekali file berbahaya dari internet yang mengancam laptop Anda. Sebaiknya instal terlebih dahulu file tersebut agar virus dan malware tidak masuk ke dalam laptop dan merusaknya.

3. Jaga kebersihan laptop Anda. Laptop sering sekali terkena debu, jadi sebaiknya secara rutin membersihkan laptop Anda. Pasangkan pengaman layar laptop Anda dan pengaman tombol keyboard agar tetap awet.

4.Jangan membawa laptop pada perjalanan, pada saat laptop sedang hidup atau stand by, karena akan cepat merusak hard disklaptop Anda.

5.Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati sebelum menutup laptop Anda, ini terjadi pada saat kita men-shutdown laptop, kadang kita harus menunggu beberapa saat untuk laptop melakukan turn off, akan tetapi kadang kita kurang sabar sehingga pada saat laptop belum mati total Anda sudah menutupnya.

6.Charge baterai laptop Anda sebelum baterai berada pada 10% pemakaian, sehingga laptop tidak mati karena kehabisan baterai.

7.Lepaskan charge laptop sebelum pengisian berada pada 100%, Anda bisa melepasnya pada saat masih 95% ke bawah, karena berdasarkan pengalaman,cara ini sangat bagus untuk merawat baterai laptop.

8.Jangan menggunakan program yang berat seperti game berkapasitas besar pada laptop standar, karena laptop akan cenderung cepat panas dan kerja dari processormenjadi sangat berat.

9.Gunakan laptop seperlunya.

Semoga artikel ini bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)