Tips Menyimpan dan Membawa Harddisk Eksternal Agar Aman

28 Mei 2014 Tutorial Komputer


Harddisk eksternal adalah benda penyimpanan populer saat ini. Keuntungannya menggunakan alat ini karena kapasitasnya yang cukup besar untuk menyimpan data seperti film, foto-foto dan file-file penting. Bedanya dengan flash disk karena harddisk memiliki kapasitas yang cukup besar minimal 500 GB. Harddisk memiliki sensitifitas yang cukup tinggi sehingga apabila sering berguncang dapat menyebabkan hardsidk bad sector. Nah bagaimana cara menyimpan dan membawa harddisk kemana-mana dengan benar?

Berikut beberapa tipsnya:
1. Gunakan plastik bubble wrap

Plastik bubble wrap secara umum digunakan untuk melapisi barang yang dipindah atau dikirimkan. Fungsinya adalah meredam goncangan sekaligus melindungi dari lecet dan benturan langsung. Plastik ini mudah didapatkan dari berbagai bungkus dan pack produk. Untuk menggunakannya,balutkan plastik pada hardisk 2 kali agar melindungi hardisk.


2. Gunakan busa lembut
Busa lembut juga dapat menjadi bantalan harddisk agar terlindung dari guncangan yang bisa saja terjadi ketika dibawa kemana - mana. Carilah bungkusan busa lembut khusus harddisk atau Anda dapat membuatnya sendiri agar nyaman.


3. Letakkan di dalam tas
Hardisk sebaiknya tidak ditenteng atau digeletakkan begitu saja. Jika sedang dibawa, masukkan hardisk pada tas yang memiliki ruang yang baik.Sebaiknya harddisk hanya digunakan saat diperlukan saja. Jadi selebihnya Anda letakkan di dalam tas agar nyaman dan aman.


4. Gunakan kain berlapis
Dalam keadaan terdesak ketika Anda tidak memiliki busa atau bubble wrap,Anda juga dapat melapisi hardisk dengan kain,baik itu pakaian maupun kain bersih yang lain. Lapisi hardisk hingga tertutup seluruhnya dengan rapat. Gunakan secara berlapis untuk lebih aman.


Itulah cara menyimpan dan membawa harddisk eksternal agar aman dan tidak mudah rusak. Selamat mencoba

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags