Tips Menggunakan System Restore pada Komputer

2 Januari 2019 Tutorial Komputer


Pernahkah Anda mengalami error pada setingan komputer Anda? Bila hal itu terjadi jangan panik, karena Anda bisa mengembalikan setingan komputer Anda seperti semula dengan Aplikasi System Restore. Dengan system restore Anda dapat membatalkan perubahan berbahaya bagi komputer Anda dan mengembalikan pengaturan dan kinerjanya. System restore akan memulihkan kembali komputer Anda ke waktu sebelumnya tanpa menyebabkan Anda kehilangan data baru Anda, seperti dokumen yang disimpan, email, atau history dan daftar favorit. Setiap perubahan yang dibuat system restore ke komputer Anda benar-benar reversibel. Komputer Anda secara otomatis membuat restore point (disebut sistem pos pemeriksaan), tetapi Anda juga dapat menggunakan sistem restore untuk membuat poin Anda sendiri. Ini berguna jika Anda akan membuat perubahan besar untuk sistem Anda, seperti menginstal program baru atau mengubah registri Anda.

Berikut tips mengembalikan setingan komputer dengan system restore pada Windows XP:
1. Klik Start -> All Program -> accessories -> System Tool -> System Ristore

2. Pada pilihan silahkan pilih menurut kebutuhan Anda lalu klik -> Next


3. Pilih pada tanggal berapa setingan akan dikembalikan lalu klik -> Next


4. Setelah muncul pop up seperti gambar dibawah ini lalu klik -> Ok


5. Tunggu sampai restore selesai dan komputer Anda akan restart sendiri dan komputer Anda telah kembali kesetingan sebelumnya. Selesai.

Jika Anda menggunakan Windows 7 berikut langkah-langkahnya:
1 Klik Start ->All Programs ->Accessories ->System Tools ->System Restore
2 Klik Next
3 Pilih sistem restore point. (Harus ada sistem yang aktif point tersedia mengembalikan. Jika tidak, Anda tidak dapat melanjutkan berikutnya).
4. Klik tombol Restore Komputer dan ikuti langkah selanjutnya.

Itulah tips mengembalikan setingan komputer dengan system Restore. Semoga bermanfaat.