Tips Mengatasi Masalah Booting pada Windows 8.1

10 April 2019 Tutorial Komputer


Bila Anda sering menghadapi masalah booting pada Windows 8.1, biasanya akan muncul "Windows 8 Startup". Jadi bila sistem Windows tidak dapat boot dengan benar, maka tool ini akan muncul secara otomatis sehingga dapat memperbaiki masalah Anda secara cepat. Pilihan ini juga akan muncul ketika PC Anda dalam posisi normal. Pada pilihan ini Anda juga dapat membuat Recovery drive untuk memastikan Anda selalu dapat mengakses pilihan ini.

Berikut ini arti dari opsi pilihan pada menu Troubleshoot.
*. Troubleshoot menyediakan akses mudah ke refresh dan reset PC Anda.
*. Pilihan Refresh your PC. Pada pilihan Refresh your PC Anda dapat mengembalikan sistem ke kondisi pabrik tanpa menghapus file atau aplikasi modern yang terinstal. Meskipun begitu, aplikasi yang diinstal desktop akan dihapus.
*. Pilihan Reset your PC. Pada pilihan ini menyediakan fitur yang bagus. Pada pilihan ini Anda tidak harus bingung dengan me-reboot atau me-reset ke setinga pabrik. Tetapi setiap file pribadi dan pengaturan di komputer Anda akan terhapus. Namun jika Anda ingin memperbaiki kompuer dan Anda tidak yakin pilihan mana untuk dipilih, coba gunakan pilihan "Refresh your PC" sehingga Anda tidak kehilangan semua file. Untuk beberapa tool troubleshooting dan perbaikan yang lebih baik, pilih Advanced.


Nah, berikut ini pilihan pada Advance Options

Pada plihan Advance Options akan tetap mempertahankan pilihan "advance troubleshooting" dan "repair option".

Berikut ini pilihan dan kegunaannya.
*. System Restore: pilihan ini digunakan untuk mengembalikan komputer ke restore point sebelumnya.
*. System Image Recovery: pilihan ini digunakan untuk mengembalikan komputer ke file sistem image. Sistem image ini akan menimpa komputer Anda. Anda harus menggunakan tool backup Windows 7 di Windows 8 untuk membuat sistem image.
*. Automatic Repair: Pilihan ini akan mengakibatkan PC secara otomatis memperbaiki masalah agar Windows boot dengan benar. Jika komputer Anda tidak bisa login ke Windows, pilihan ini layak untuk dicoba.

Pada pilihan Advances ini dapat digunakan untuk memperbaiki masalah. Jika Anda mendapatkan beberapa masalah pada sistem Windows 8, maka Anda bisa menggunakan beberapa pilihan ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)