Tips Membuat Monitor Laptop Semakin Hemat Baterai

19 Juli 2017 Tutorial Komputer


Anda sering meninggalkan laptop dalam keadaan masih menyala tetapi tidak digunakan? Hal ini tentunya akan memakan cukup banyak daya baterai yang digunakan. Daripada buang-buang baterai, lebih baik mematikan monitor untuk menghemat baterai dengan tips di bawah ini.

Gunakan Pengaturan Power Plan


Dengan menggunakan Power Plan maka Anda bisa mengatur seberapa lama layar monitor Anda akan idle(diam) misalnya 1 menit, 15 menit, atau lebih. Lalu dengan Power Plan Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar.

Matikan Screen Saver


Banyak software yang menawarkan screensaver yang unik dan menarik, tetapi pada faktanya screensaver sendiri justru menghabiskan baterai. Sebaiknya matikan Screensaver dengan cara klik kanan pada Desktop, pilih Personalize, lalu pilih Screen Saver dan pilih None.

Atur Brightness

Ketika sedang menggunakan baterai, sebaiknya Anda mengatur Brightness secukupnya karena jika terlalu terang maka baterai juga akan menjadi semakin boros.

Kalau Anda memiliki cara yang lebih menarik untuk menghemat baterai laptop? Silahkan share melalui komentar di bawah ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)