Tips Membersihkan Temporary File Internet dan System

18 September 2019 Tutorial Komputer


Tahukah Anda bahwa ketika ketika berselancar di dunia maya, komputer akan menyimpan file-file dari internet agar bisa dibaca dikemudian hari. Tujuannya adalah untuk menghemat proses mendownload data yang ada di internet. Tetapi, seiring berjalannya waktu, file-file temporary tersebut akan semakin menumpuk dan membebani komputer. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan file temporary tersebut.

Apa itu Temporary File di Windows

Temporary File di Windows adalah file-file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi berlebihan sekali setelah program selesai. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.

Untuk Apa Temporary File dibuat?

File-file sementara (Temporary File) yang dibuat oleh sistem operasi Windows selama ketika berjalan normal mungkin tidak ada cukup memori dialokasikan untuk tugasnya. Software yang menggunakan sejumlah besar data seperti Grafik, Video atau Media mengedit perangkat lunak juga membuat file sementara. Seperti file sementara yang dibuat lebih sering daripada tidak, tertinggal bahkan ketika tugas selesai, yang menyebabkan pemborosan ruang disk pada harddisk.

File sementara juga dibuat untuk tujuan cadangan oleh program. Sebagai contoh, Microsoft Office menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap beberapa menit. Jika Anda menyimpan dokumen dan keluar, File Temporary akan dihapus. Jika program crash tak terduga, Temporary File tidak akan dihapus. Dengan demikian dapat digunakan untuk membantu memulihkan data yang hilang jika program atau sistemnya tiba2 crash.

Idealnya, Temporary File harus segera dihapus setelah keluar dari program. Tapi ini tidak selalu terjadi, menyebabkan ruang disk yang akan terus bertambah dan lama-lama bisa memenuhi harddisk dan tentunya memperlambat kinerja windows itu sendiri.

Berikut ini adalah cara membersihkan temporary file:

1. Download software Ccleaner di sini → http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard

2. Install kemudian buka software Ccleaner

3. Setelah itu langsung jalankan saja software tersebut dengan menekan tombol 'Run Cleaner'

Selain menggunakan software di atas, Anda bisa membersihkan file temporary internet melalui browser yang Anda gunakan.

· Mozilla firefox → ctrl + shift + delete

Centangpada 'Cache', ganti time range ke 'Everything', clear now.

· Google Chrome → ctrl + shift + delete.

Semoga Bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)