Tips Memberi Warna pada Tabel Atu Cell pada Microsoft Excel

12 Februari 2018 Tutorial Komputer


Membuat data yang berupa tabel memang lebih mudah dikerjakan menggunakan program Microsoft Excel. Selain jendela ms excel sudah dalam bentuk kotak-kotak atau berupa sel yang memudahkan membuat tabel, ms excel juga dapat dengan mudah mengolah data-data yang dimasukkan baik berupa angka maupun kata. Secara umum atau default di excel ketika membuat tabel, maka tabel tersebut akan berupa garis-garis tabel berwarna hitam. User bisa mengatur besar kecilnya garis tabel tersebut.

Selain dapat mengatur tebal tipis atau besar kecilnya garis tabel, user dapat pula mengatur warna tabel menjadi warna yang lain selain hitam. Dengan demikian tampilan tabel yang anda buat akan kelihatan berbeda dengan tabel-tabel lain dan juga terlihat unik. Memberi warna pada tabel akan memberikan kesan mempertegas dari isi pada kolom tersebut, sehingga orang akan tertuju pada kolom tersebut.

Berikut tips memberikan warna pada tabel atau cell di ms excel:
1. Seleksi atau blok terlebih dahulu tabel yang akan diberi warna
2. Pada menu Ribbon Home, pilih Fill Color pada group Font

3. Menu Fill Color biasanya menggunakan icon ember cat miring
4. Maka akan muncul jendela Theme Colors. Pada jendela ini muncul berbagai jenis warna. Pilih salah satu warna yang disediakan untuk memberikan warna pada cell atau tabel.
5. Jika Anda menginginkan warna lain yang tidak terdapat pada pilihan, maka klik more color untuk memilih warna sesuai dengan kesukaan Anda

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)