Tips Membeli Modem Baru

12 Januari 2015 Tutorial Komputer


Terkadang ini merupakan hal kecil atau kita berpikir semua modem sama saja, tetapi supaya tidak menyesal saat sudah membelinya . Modem adalah salah satu perangkat keras yang sangat di butuhkan untuk mengakses Internet , dengan adanya modem anda bisa menjelajahi semua informasi informasi yang anda inginkan.

Adapun jenis modem dapat di bedakan menjadi 2 yaitu:

1. Modem Eksternal, modem yang dipasangkan di luar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB dan Kabel LAN. Kelebihan dari modem ini adalah dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan ke tempat lain

2. Modem Internal, merupakan perangkat jaringan yang terdapat pada papan ekspansi yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah. Modem internal ini juga dikenal sebagai On-Board Modem.

Berdasarkan jenis koneksinya, modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Modem Analog, yaitu modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, dan kemudian disebut modem dial up. Modem analog tersedia dalam berbagai kecepatan, misalnya 14,4 kbps, 28,8 kbps, dan 56 kbps dengan berbagai merek misalnya .

2. Modem DSL (Digital Subscriber Line), yaitu modem untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi (dedicated line - jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet, yang secara fisik dapat menggunakan kabel telepon). Dalam teknologi ini data yang diterima/dikirim modem DSL berupa data digital, sehingga akses internet lebih cepat dibandingkan dengan modem analog.

Ada dua jenis DSL, yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download lebih cepat daripada upload dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download sama dengan kecepatan upload.

3. Modem Kabel, yaitu modem yang menerima dan mengirim data internet yang melalui jaringan TV Kabel. Data yang diterima dan dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara modem DSL.

4. Modem CDMA, yaitu modem dial up wireless yang bekerja dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access), misalnya modem CDMA USB atau dapat pula menggunakan telepon genggam CDMA.

5. Modem GSM, yaitu modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon genggam GSM. Modem ini mendukung layanan GPRS/EDGE atau layanan 3G. Contohnya berupa modem GSM USB atau dapat menggunakan telepon genggam GSM yang mendukung teknologi GPRS/EDGE atau 3G.

Inilah Tips Membeli Modem Yang Baru:

1. Pikirkanlah jaringan dan sinyal yang paling kuat yang ada di likungan anda, artinya anda harus memahami jaringan yang paling bagus di tempat tinggal anda. Pilihlah jaringan yang sudah support menggunakan sinyal 3G / HSDPA / HSUPDA dan pastinya stabil .

2. Setelah anda mengamati dan sudah mengetahui jaringan yang cocok dan terbaik di daerah tempat anda, anda bisa menentukan modem tipe apa yang ingin dibeli .

3. Saat anda mau membeli modem, usahakan yang terdapat keterangan speed transfer ratenya tinggi, karena semakin tinggi transfer ratenya semakin bagus kualitas dan speed modemnya.

4. Lebih disarankan membeli modem tipe RUIM, modem yang bisa ganti kartu operator lain. Barangkali anda pindah ke sebuah tempat atau sedang berkunjung ke kota lain jadi bisa disesuaikan dengan sinyal yang lebih kuat mungkin.

5. Ada baiknya anda juga membeli kabel khusus penguat sinyal untuk modem anda, setidaknya bisa menambah sinyal 2-3 Bar, karena bisa membantu lebih stabil dan hilang-hilang sinyalnya.

6. Pilih yang bergaransi. Untuk jaga-jaga, siapa tahu terjadi kerusakan di awal-awal kita membeli. Garansi modem kadang-kadang di berikan dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)