Tips Memasang Fan Prosessor

9 April 2014 Tutorial Komputer


Fan adalah salah satu hardware yang selalu dibutuhkan pada setiap komputer.Karena CPU merupakan serangkaian hardware yang selalu beroperasi dan menghasilkan panas yang berlebihan, maka di butuhkan beberapa kipas yang di tempatkan secara benar agar tidak terjadi overheating. Fan pada komputer yang terletak diatas prosessor dan heat sink fan berfungsi untuk mendinginkan dan menstabilkan suhu komputer.

Adapun kebanyakan orang memasang fan lebih dari satu dengan tujuan agar komponen pada komputer cepat dingin. Akan tetapi untuk memasang fan pada komputer sebaiknya mengikuti prosedur yang benar agar tingkat suhu pada komputer akan tetap terjaga.

Jika ingin memasang kipas lebih dari satu maka usahakan ada sirkulasi udaranya, jadi ada udara yang masuk ke dalam komputer dan ada udara yang keluar komputer. Karena cara kerja kipas pada komputer ada arah yang menghembus dan arah menghisap udara sehingga udara panas dari dalam komputer bisa berganti dengan udara yang dari luar.

Untuk pemasangan kipas pada prosessor usahakan arah hembusan mengarah ke heat sink fan yang terletak diatas prosessor. kalau prosedur pemasangan kipas ini benar - benar diperhatikan maka suhu komputer akan stabil.

Posisi fan harus dalam keadaan menyembur keluar casing atau dalam keadaan menyedot angin dari casing. Ini diperlukan karena ketika pemasangan fan menyembur keluar casing atau dalam keadaan menyedot angin dari casing, maka suhu panas yang ada di dalam casing akan keluar dengan sendirinya.

Semoga artikel ini bisa bermafaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)