Tips Jitu Meningkatkan Transfer Data Flashdisk

18 November 2016 Tutorial Komputer


Bagi pengguna komputer hal yang sangat menjengkelkan ketika flashdisk yang diandalkan ternyata lemot untuk melakukan transfer data, sehingga ketika ingin memasukan data ke flashdisk yang berukuran file sebesar 1 GB maka membuat kita menjadi ngantuk karena lamanya proses transfer data di flashdisk. Sebenarnya pada kebanyakan USB Flashdisk secara default telah dioptimasi dengan beberapa metode, dan seperti diketahui pada perangkat flashdisk sudah memiliki Read Speed (kecepatan baca) dan Write Speed (kecepatan tulis) yang berbeda. Dan umumnya kecepatan Read Speed lebih besar dari pada Write Speed.

Pada flashdisk standard mempunyai read speed sebesar 10Mbps dan write speed sebesar 1-6Mbps, dan pada flashdisk highspeed memiliki read speed sebesar 32Mbps dan write speed sebesar 7-16Mbps Dengan begitu cukup wajar flashdisk yang memiliki highspeed harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan flashdisk standard, harganya bisa dua kali lipat lebih. Adapun untuk yang mengalami masalah transfer rate, maka Anda masuk dapat membuat transfer data lebih cepat, berikut ini penjelasannya.

Setting flashdisk menjadi format NTFS.

Kenapa harus ke NTFS, bukan ke FAT atau FAT32? Kita perlu setting ke NTFS karena memang memiliki keampuhan yang lebih baik dalam masalah kecepatan, serta kemampuannya untuk meminimalkan fragmentasi. Akan tetapi yang juga perlu diketahui bahwa NTFS memiliki kelemahan yaitu hanya dapat dibaca pada sistem operasi windows NT 2000, Vista, dan XP saja, untuk pengguna sistem operasi tersebut dapat menerapkan settingan ini. Untuk setting ke NTFS caranya dengan cara klik kanan, lalu pilih Format, kemudian pada file system pilih NTFS, terakhir klik Start.

Setting performance flashdisk

Melakukan pengaturan performance flashdisk memiliki efek yang baik untuk mempercepat transfer data, caranya:

*. Klik kanan pada Flashdisk
*. Lalu pilih Properties -> Hardware
*. Kemudian Pilih Flashdisk Anda, misalnya USB Flashdisk 2.0
*. Pilih Properties pada bagian kanan bawah
*. Pilih Change Setting
*. Pilih tab Policies
*. Pilih Better Performance, lalu Klik OK
*. Selesai

Hindari Flashdisk dari Virus.

Penting untuk jangan lupa melakukan scan pada flashdisk, bagusnya setiap kali menancapkan flashdisk ke PC sehingga dapat selalu aman dari virus. Dan juga jangan lupa mengupdate versi Antivirus secara rutin ke versi yang terbaru.

Hapus File yang tidak diperlukan

Data yang terlalu penuh di flashdisk sebaiknya dihapus, karena masalah ini bisa juga mempengaruhi kinerja dan kecepatan flashdisk. Untuk itu hindari mengisi flashdisk hingga penuh kapasitasnya.

Lakukan Low-level Format

Apabila flashdisk masih terasa lambat, umumnya untuk MMC, SD CARD, Flash Disk, T-FLASH dan beberapa lainnya untuk optimal maka perlu dilakukan penghapusan optimal. Format untuk menghapus partisi hanya membuat FAT baru, tetapi tidak menghapus data secara keseluruhan. Sehingga jika memungkinkan, Anda dapat melakukan low-level format atau Erase One Pass Zeros, yang merupakan proses format dengan hanya mengisi 0 byte pada setiap sektor MMC.

Hal yang perlu diketahui juga bahwa terkadang jika pemformatan flashdisk mempengaruhi Speed daripada Transfer Rate flashdisk, maka NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tetapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan yang ada pada sistem berkas FAT.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)