Tips Agar Anak Tidak Download Aplikasi Berbayar

17 Januari 2015 Tutorial Komputer


Anak-anak di jaman sekarang sudah mudah sekali menggunakan smartphone atau tablet. Semakin mudah lagi jika orangtua juga memungkinan anak diberi tablet Android atau iPad. Piranti cerdas ini memiliki sebuah toko online yang menyediakan berbagai aplikasi untuk memaksimalkan penggunaan smartphone.

Hal yang sering dikhawatirkan orangtua adalah ketika anak mengakses aplikasi berbayar dari toko online tersebut. Bermain smartphone tanpa pendampingan orangtua akan membuat anak tidak terkontrol dalam mengakses internet. Seperti kasus yang terjadi di Inggris, seorang balita dalam 10 menit mendownload aplikasi berbayar seharga Rp 28 juta.

Bagaimana agar hal ini tidak terjadi? Tips dari detikNet dapat Anda lakukan untuk menghindarinya.

1. Tidak Memberi Password Toko Online

Sebisa mungkin Anda tidak memberitahu anak tentang username dan password toko online. Biasanya untuk membeli aplikasi, toko online akan meminta identitas kartu kredit Anda, jaga akun tersebut agar tidak bocor ke anak. Seperti perangkat iOS, biasanya membutuhkan password iTunes untuk mendownload aplikasi baik berbayar atau free.

Kontrol ketat semua akun Anda, ketika anak ingin mengakses smartphone Anda. Kadang anak tidak menyadari bahwa ia mengakses aplikasi berbayar.

2. Memanfaatkan Fitur & Aplikasi

Selain orangtua harus memproteksi password pada akun toko online, juga perlu ada aplikasi yang membatasi download aplikasi. Seperti pada iOS, pengguna dapat memanfaatkan fitur Restriction yang membatasi pengguna men-download aplikasi.

Cara mengaktifkannya sebagai berikut:

Setting >> General >> Restriction >> Enable Restriction, pilih aplikasi yang ‘tidak boleh’ digunakan.

Untuk perangkat Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Kids Safe Mode yang bisa didownload gratis di Google Play Store. Sedangkan pada Windows Phone 8, terdapat fitur bawaan yaitu Kids Corner untuk berfungsi mengunci home screen default. Anak hanya bisa mengakess aplikasi yang sudah diatur sebelumnya.

3. Hidupkan fitur Airplane Mode

Mengakses game biasanya di dalam game tersebut juga akan tersedia iklan-iklan game menarik lain. Jika koneksi internet perangkat Anda aktif, anak tanpa sadar akan meng-kliknya dan mendownload game yang mungkin saja berbayar.

Untuk menghindari hal ini terjadi, matikan koneksi internet, untuk lebih aman bisa menggunakan fitur Airplane Mode. Fitur ini akan menonaktifkan telepon, sms, dan internet. Fitur ini biasanya diaktifkan hanya jika pengguna berada di atas pesawat terbang jika ingin perangkat menyala.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari carapedia.com)