Tingkatkan Kecepatan pada Windows 8 dengan Cara Ini

15 April 2019 Tutorial Komputer


Jika Anda seorang yang sehari-harinya bergelut dengan komputer atau laptop, mau tidak mau sebaiknya Anda mengetahui sedikit-sedikit seluk beluk perangkat komputer atau laptop yang Anda miliki. Terutama masalah kinerja komputer yang dipakai, sebaiknya mendapatkan perhatian khusus, karena menyangkut kinerja yang akan mempengaruhi kenyamanan Anda untuk menggunakannya untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan komputerisasi. Semakin cepat loading sebuah komputer atau laptop tentu akan semakin nyaman menggunakannya.

Diketahui bahwa Windows 8 memiliki booting (start) yang lebih unggul dibanding generasi windows sebelumnya, lebih irit memakan memori dan unggul dalam tampilan. Namun dengan kinerja yang sudah ada, sebagaimana windows pada umumnya masih bisa ditambah lagi untuk lebih meningkatkan kecepatannya. Untuk Anda yang ingin mencoba trik ini, sebenarnya berlaku juga untuk windows versi lainnya, namun kali ini fokus pada peningkatan kecepatan windows 8 pada komputer atau laptop.

1. Non aktifkan Animasi Time-wasting
Setiap kali membuka aplikasi dalam Windows 8 pasti ada efek animasi ketika proses maximizing dan minimizing. Dengan adanya animasi ini tentu akan ada jeda waktu yang terpakai untuk eksekusi setiap perintah yang kita buat pada aplikasi. Karena itu sebaiknya non aktifkan efek animasi tersebut dengan cara berikut:
Buka windows -> Ketik SystemPerformanceProperties -> Tekan enter Akan tampil tab performance options, Silahkan hilangkan tanda ceklis pada fitur yang Anda anggap tidak perlu. Namun khusus untuk menghilangkan efek animasi Time-wasting hilangkan ceklis pada Animate windows when minimizing and maximizing.


2. Cek aplikasi yang banyak memakan memori dengan Task Manager
Keunggulan Windows 8 dibanding generasi sebelumnya adalah di tampilan task manager yang semakin user friendly, karena Anda akan dengan mudah memonitor aplikasi yang berjalan dan seberapa besar daya dan memori yang tersedot oleh si aplikasi tersebut, dengan demikian Anda akan dengan mudah mengontrol pemakaian memori komputer atau laptop Anda, jika Anda ingin tampilan klasik juga sebenarnya masih bisa.

Untuk membuka task manager di Win 8 ikuti langkah berikut:
Klik kanan taskbar desktop dan pilih Task Manager, silahkan Anda setting dan pilih aplikasi yang Anda tetap pertahankan dan harus buang.


3. Manage Startup program
Startup adalah satu fitur windows yang memudahkan pengguna untuk menyeleksi aplikasi apa saja yang akan disertakan pada saat komputer proses booting. Untuk meringankan beban komputer atau laptop pada saat booting sebaiknya kurangi aplikasi yang tidak perlu untuk proses booting.

Berikut cara setting startup program:
Kembali buka task manager seperti langkah 2 di atas, kemudian pilih tab Startup akan tampil tab startup seperti gambar dibawah, atur aplikasi untuk proses booting sehingga tidak memakan banyak waktu untuk masuk ke windows.


4. Optimasi Hard disk secara berkala dengan fitur Defragmenter Windows
Kinerja komputer atau laptop juga sangat bergantung pada kondisi media penyimpanan(Hard disk), semakin bagus kondisinya maka data akan semakin cepat terproses. Untuk menjaga kestabilan Hardisk ini ada fitur yang sudah tersedia pada windows yang bernama Defragmenter atau sekarang dinamai Optimize Drives tool.

Untuk menjalankan fitur ini lakukan langkah berikut:
Buka tombol Windows -> ketik Defragment -> click setting -> Kemudian Enter, maka akan secara otomatis fitur ini mengoptimalkan (defragment) hard disk Anda.


5. Gunakan Aplikasi keamanan bawaan Windows
Program keamanan komputer(anti virus) yang kita gunakan dari pihak ketiga atau diluar fitur windows sering malah memberatkan komputer atau laptop, walaupun tidak sedikit juga yang bekerja maksimal dan mampu menjaga keamanan kinerja dan data komputer. Namun disarankan agar Anda memakai program keamanan milik windows sendiri yaitu Windows Defender. Maksimalkan fungsi keamanan program ini dengan terus mengupdate jika sudah ada pesan expire dari pengembang.


Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)