Suara Laptop Mati Karena Driver Sound Hilang? Perbaiki dengan Cara Berikut

6 Mei 2016 Tutorial Komputer


Bagaimana rasanya kalau laptop Anda tidak ada suaranya? Pasti suasananya jadi sunyi. Anda pernah juga mengalami suara laptop mati dikarenakan driver sound yang hilang. Sebelum suara laptop mati, maka lakukan scaning terhadap kinerja laptop yang bertujuan mendeteksi adanya marlware yang tersimpan. Tetapi ada beberapa hardware yang tidak sengaja terhapus sehingga menyebabkan suara laptop mati karena driver sound juga ikut terhapus. Karena belum mengatahui hal ini dikira speaker laptop telah rusak dan perlu di ganti dengan yang baru.

Untuk memastikannya lagi kalau benar memang rusak, Anda disarankan pasang headset pada laptop yang sebelumnya telah dicek menggunakan handphone, tetapi headset tersebut tidak menghasilkan suara juga. Itu tandanya speaker laptop belum rusak, maka tidak usah membongkar laptop Anda. Untuk itu Anda tidak perlu mengganti speakernya karena yang menjadi masalah adalah drive sound laptop yang hilang atau teruninstall. Install kembali drive sound laptop supaya suara bisa diperbaiki seperti sebelumnya.


Cek keberadaan drive sound
Anda dapat mengecek terlebih dahulu drive sound pada komputer benar-benar sudah ada atau belum. Kalau ada berarti bisa kemungkinan Anda hanya lupa mute pengaturan sound yang mengakibatkan suara mati.

Untuk cek drive sound:
1. Kli star menu > klik Kanan (My Computer) > pilih Properties
2. Pada system properties, klik tab Hardware > Device Manager
3. Kemudian pada halaman Device Manager, klik 2 kali pada (Sound, Video anda Game controllers) dan lihat apakan nama Realtek High Devinition Audio sudah ada, karena sound card yang digunakan adalah Realtek.


Kalau Realtek High Devinition Audio yang dimaksud belum ada mari kita ke langkah selanjutnya,

Install Drive
Masih pada halaman Device Manager lihat tulisan Other devices lalu klik 2 kali. Pada perangkat berwarna kuning itu berarti ada masalah dengan konfigurasinya. Jika tidak ada perangkat tersebut, perangkat audio mungkin tidak diakui, dan Anda tidak akan menemukan driver perangkat lain di bawah kategori Sound, video dan kategori game. Bahwa ini sebagian besar disebabkan oleh driver sounds yang hilang. Install ulang driver sounds dengan klik kanan pada Audio Device on High Definition Audio Bus lalu pilih Update Drive.


Pastikan koneksi internet tersambung supaya bisa menginstall drive sounds sampai selesai. Setelah install selesai, Anda bisa buka pengaturannya melalui Start > Control Panel > Sounds, Speech and Audio Devices.
Kalau Anda punya pemecahan masalah yang lain jangan lupa untuk berbagai melalui kolom komentar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)