Software Video Editing Gratis Terbaik yang Bisa Anda Download

6 Maret 2015 Tutorial Komputer


Video telah menjadi bagian yang penting dalam hidup. Hampir semua orang dapat terhubung dengan video. Contoh gampangnya adalah televisi. Namun, jika lebih dipersempit lagi, Anda bisa melihat pada penggunaan ponsel. Perangkat komunikasi yang satu ini telah berkembang dengan pesat, dan kini orang-orang dapat menggunaknnya sebagi media untuk melihat video dimanapun mereka berada. Anda juga dapat melihat video melalui situs video online seperti misalnya YouTube.

Hal-hal tersebut bisa Anda lakukan jika Anda seorang penikmat video. Tetapi, bagaimana jika Anda ingin menjadi pembuat video? Maka Anda memerlukan sebuah komputer. Bagi Anda pengguna Windows, Anda bisa menggunakan software video editing sebagai media pembuat video Anda. Untuk Anda yang ingin belajar dalam meng-edit video.

Video editor gratis yang disediakan untuk pengguna Windows tersebut akan membantu Anda dalam membuat dan meng-edit video yang Anda inginkan. Apabila Anda sedang tidak bertindak sebagai penikmat video, maka Anda bisa memaksimalkan penggunaan software video editing tersebut untuk hobi Anda dalam editing video. Pilih software yang sesuai dengan kemampuan Anda, dan Anda akan menyebarkan video terbaik kepada para penikmat video.

Berikut adalah software untuk editing video gratis yang bisa langsung Anda download.

1. Windows Movie Maker

Tentu daftar akan mencantumkan Windows Movie Maker. Software video editing ini diperkenalkan pada tahun 2000, dan menjadi populer hingga saat ini. Salah satu hal mengapa WMM menjadi populer adalah karena penggunaannya yang mudah. Video editing dapat membingungkan bagi pengguna pemula, namun kejadian seperti ini tidak akan terjadi pada WMM. Anda tidak perlu meng-install Codec, karena ini adalah software untuk edit video gratis yang cukup komplit. Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti misalnya memasukkan judul, memberi efek transisi, memasukkan audio, dan mengatur volume audio. Lebih lagi, program video Editing ini mendukung resolusi 1080p.

2. Lightworks

Apabila Anda menginginkan sebuah Software Editing Video gratis namun lebih kompleks dan serius, maka Anda bisa melirik pada Lightworks. Program yang berdiri sejak tahun 1989 ini telah digunakan untuk meng-edit film-film populer pada masanya. Seperti yang mungkin akan Anda harapkan, program ini datang dengan fitur editor professional. Anda akan mendapatkan berbagai macam efek, Multicam Editing, dan fitur lain yang mungkin akan membingungkan pengguna awam. Untuk versi gratisnya sayangnya hanya mendukung resolusi 720p. Namun, tetap saja, jika Anda ingin belajar Video Editing secara professional, ini adalah tempat tujuan Anda.

3. Avidemux

Avidemux merupakan Open Source video editor yang menggabungkan dua cara penggunaan video, yaitu cara dasar dan cara professional. Anda akan mendapatkan sajian fitur-fitur professional seperti Non-Linear Editing, memasukkan Subtitle, dan dilengkapi dengan berbagai format terbaik. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur yang biasa Anda dapatkan pada Windows Movie Maker. Menarik bukan?

4. VSDC Free Video Editor

Ini merupakan salah satu software video editing yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi penggunanya. Anda akan mendapatkan opsi semi Professional didalamnya tanpa perlu mengeluarkan biaya. Fitur seperti non -linear editor bisa Anda temui pada Software yang satu ini. VSDC juga akan membawa Anda pada teknik editing terbaik, dengan Support yang mencakup hampir semua efek video dan audio seperti misalnya Color Correction, Blur Reduction, dan Volume Correction. Anda akan dengan mudah menjelajahi program edit video ini.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)