Rahasia di Balik Tonjolan pada Huruf F dan J di Keyboard

23 Juni 2016 Tutorial Komputer


Pernahkah Anda mengamati bentuk keyboard di laptop atau komputerAnda? Jika selama ini Anda belum tahu, silahkan perhatikan bentuknya. Ada tonjolan unik pada huruf F dan J di keyboard. Tahukah Anda, ternyata tonjolan tersebut memang desain yang disengaja dan memiliki fungsi. Frank Edward McGurrin telah memanfaatkan penggunaan tonjolan tersebut pada ratusan tahun yang silam, tepatnya pada tahun 1888. Tahukah Anda apa kegunaan dari tonjolan tersebut?

Frank Edward McGurrin menggunakan tonjolan tersebut untuk memudahkan proses pengetikan tanpa harus melihat ke arah masing-masing tombol yang ada di keyboard. Dengan cara meletakkan ke dua jari tengah di dua tombol tersebut secara searah, maka dengan mudah kita akan bisa mengarahkan jari-jari yang lain ke tombol yang lain dengan mudah. Arahnya pun akan lebih mudah dihafal, terlebih lagi jika sudah menjadi kebiasaan. Dengan kata lain, penggunaan tonjolan pada tombol F dan J tersebut sangat membantu mereka yang bisa mengetik dengan 10 jari sehingga lebih efisien sekaligus arah-arah jarinya akan lebih mudah dihafal kemana jari akan menekan dan di tombol apa.


Berikut rahasia dibalik tonjolan pada huruf F dan J di keyboard yang mungkin belum diketahui:
1. Memudahkan orang untuk belajar mengetik dengan teknik 10 jari yang hasilnya lebih cepat dan efisien tentunya.
2. Menjadi pedoman bagi mereka yang telah memiliki kemampuan mengetik 10 jari agar lebih mudah mengetahui posisi-posisi tombol huruf yang lainnya sehingga ketikan yang dibuat akan lebih cepat selesai.
3. Memudahkan kita mengetahui letak dan posisi tombol tanda baca yang diperlukan dalam pengetikan sehingga Anda tidak bingung dan mencari-cari posisi tanda baca termasuk spasi di bawahnya.
4. Bagi mereka yang masih mengetik dengan 11 jari pun tetap bisa menggunakan tonjolan tersebut untuk pedoman menghafal letak dan posisi tombol huruf yang akan digunakan.

Begitu besarnya peran tonjolan pada huruf F dan J yang ada di keyboard tersebut hingga secara resmi akhirnya June E. Botich asal Naples asal Florida tahun 2002 silam akhirnya mematenkan penggunaan tonjolan tersebut. Sampai sekarang pemberian tonjolan pada huruf F dan J menjadi standart dunia untuk industri pembuatan papan keyboard.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)