Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?

22 Mei 2019 Tutorial Komputer


Ada beberapa orang yang masih melepas baterai laptop atau notebook ketika menyalakan laptop tersebut, entah itu main game, browsing dah aktifitas lainnya. Perlu Anda ketahui, laptop sekarang sudah menggunakan teknologi controlling battery.

Apa itu controlling battery? Controlling battery adalah suatu teknologi baru dalam pemakaian baterai laptop biasanya teknologi ini ada pada laptop keluaran tahun 1996 keatas bahkan semua yang harganya murang hingga mahal sudah ada controlling batterynya.

Fungsi controlling battery adalah ketika laptop atau notebook sedang dalam keadaan charge pengisian full 100% maka baterai akan otomatis stop charging, fungsi baterai laptop menjadi power listrik.

Juga jangan charge discharge, seperti jika baterai penuh cabut adaptor, dan setelah baterainya habis dipasang lagi adaptornya. Dan melakukan pengosongan baterai hingga habis 0%, efeknya dapat menyebabkan cycle count.

Jika Anda melepas baterai saat menyalakan laptop lalu pada saat itu juga terjadi mati listrik maka dapat menyebabkan kerusakan hardware laptop Anda, selain itu baterai mengontrol arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat yang lainnya, maka dari itu terciptalah teknologi controlling battery ini.

Keuntungan dari teknologi controlling battery yaitu tidak membuat baterai soak ataupun kembung. Kesimpulannya jika Anda ingin melakukan aktifitas lama di depan laptop sebaiknya gunakan laptop seperti cara kerja PC dengan tidak melepas baterai Anda. Lebih baik kinerja baterai menurut daripada merusak laptop dan komponen hardware lainnya.

Jika Anda berpergian menggunakan laptop atau notebook jangan lewatkan tips ini agar baterai laptop Anda awet.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)