Perkuat Sistem Komputer Anda dengan Tips Ini

28 Oktober 2019 Tutorial Komputer


Sekarang ini sistem komputer yang kita punya harus mempunyai sistem yang kuat agar komputer yang kita pakai tidak mudah terserang virus, trojan, malware dan program pengrusak lainnya. Setiap orang memiliki sistem pertahanan yang berbeda-beda, terkadang diantara kita sudah memiliki sistem komputer yang dirasa cukup kuat dengan pertahanan dari antivirus, anti spyware, anti trojan, bahkan2 antivirus sekaligus diinstall dalam 1 komputer namun tetap saja virus dapat mudah menginfeksi sistem komputer kita.

Untuk mengamankan komputer dari berbagai virus, maupun program jahat lainnya, kesekolah.com mempunyai beberapa tips guna memperkuat sistem komputer Anda:

1. Pastikan browser internet pada komputer Anda, karena terkadang virus juga bisa menyusup ke komputer dengan sebuah perantara popup dari browser. Segera lakukan update browser secara berkala, baik secara manual atau secara otomatis.

2. Email juga terkadang bisa menyusup melalui sebuah file attachment, jangan sembarangan membuka file email attachment dari seseorang yang belum Anda kenal. Bisa jadi file yang dikirim berupa virus, torjan maupun malware.

3. Jika Anda sering chatting pada sebuah yahoo messenger, dan ada teman atau orang yang belum dikenal mengirim sebuah link sebaiknya jangan dibuka, karena terkadang link yang akan dibuka berupa website phising atau sebuah malware yang akan menyusup pada komputer Anda.

4. Cek komputer secara berkala, apakah komputer Anda sudah melakukan windows update?, jika belum, segera update windows sobat secara berkala agar sistem komputer sobat mempunyai sistem yang kuat, dan juga mempunyai patch - patch terbaru dari windows.

5. Jika menggunakan windows XP, sebaiknya gunakan XP security monitor. Tambahan dari patch windows ini hadir dalam windows xp sp2, dalam patch xp security monitor ini akan memiliki pemberitahuan dimana system akan memberikan sebuah pesan jika ada antivirus yang tidak update, untuk segera di update.

6. Kalau bisa tidak ada file yang di hidden, sebaiknya lakukan "hide file extensions for known file types" tidak tercentang dalam sebuah Folder Option dari Windows Explorer Anda.

7. Backup selalu data-data penting secara berkala, jika suatu saat komputer memang sudah terinfeksi virus, karena terkadang data bisa saja terinfeksi dan bisa menghilangkan data-data Anda.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)