Perbedaan Antara Jaringan Router dan Bridge

31 Oktober 2014 Tutorial Komputer


Beragam istilah asing dalam jaringan komputer yang masih belum dikenali, salah satunya mengenai perbedaan router dan bridge. Mereka seringkali salah paham tentang kedua istilah tersebut.

Router

Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal.

Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas, tetapi untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).

Bridge


Bridge adalah aœintelligent repeatera. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Bridge mampu menentukan tujuan. Selain itu bridge juga membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan.Berbeda dengan Hub, Bridge dapat mempelajari MAC address tujuan. Ketika sebuah komputer mengirim data untuk komputer tertentu, bridge akan mengirim data tersebut melalui port yang terhubung dengan komputer tujuan saja. Namun, ketika belum menemukan port mana yang terhubung dengan komputer tujuan, Bridge akan mencoba mengirim pesan broadcast ke semua port (kecuali port komputer pengirim). Setelah port tujuan diketahui, maka untuk selanjutnya hanya port itu saja yang akan dikirim data. Secara umum ada 3 kategori Bridge, yaitu:

*.Local Bridge: Menghubungkan beberapa LAN
*.Remote Bridge: Menghubungkan LAN dengan WAN
*.Wireless Bridge: Menghubungkan LAN dengan remote node

Kesimpulan Perbedaan Antara Jaringan Router Dan Bridge

Bila ingin mengetahui letak perbedaan antara router dan bridge, maka wajib melihat cara kerja kedua alat tersebut. Sekilas, Bridge dan Router punya cara kerja yang hampir sama, yaitu meneruskan data dan membagi jaringan ke dalam beberapa segmen tertentu. Namun, Router akan berjalan di lapisan tiga model OSI sedangkan Bridge akan berjalan di lapisan dua model OSI.

Router lebih cocok dipakai sebagai penghubung beragam segmen jaringan yang mengoperasikan protokol jaringan yang tak sama alias berbeda. Penggunaan router lebih menguntungkan karena mampu menaikkan bandwidth jaringan. Sedangkan Bridge lebih baik dipakai sebagai penghubung beragam segmen protokol jaringan yang sejenis atau sama. Alat ini merupakan solusi bagi beragam protokol yang tidak bisa mengikuti proses routing. Itulah perbedaan router dan bridge.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)