Pengertian Wifi dan Manfaatnya pada Jaringan Komputer

18 Mei 2016 Tutorial Komputer


WIFI (Wireless Fidelity) merupakan media penghantar komunikasi pada jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. WIFI menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu sehingga transfer data dan program melalui jaringan ini bisa sangat cepat. Pada umumnya WIFI digunakan untuk mentransfer internet ke pengguna, sehingga dengan adanya WIFI ini semua perangkat yang terhubung bisa terkoneksi dengan internet. WIFI bisa diibaratkan sebagai pengganti dari jaringan kabel. Dengan jaringan WIFI ini desain jaringan pada kantor atau tempat kerja menjadi lebih simpel dan praktis karena user tidak perlu menggunakan kabel sebagai media transmisi.

Berikut manfaat WIFI pada jaringan komputer
1. Untuk koneksi internet
Dengan menggunakan WIFI kita bisa membagi akses internet dengan mudah dan praktis sehingga untuk bisa terkoneksi dengan internet pengguna cukup menyalakan perangkat WIFI pada perangkat mereka.

2. Berbagi file
Dengan menggunakan jaringan WIFI, perangkat dapat dengan mudah dalam bertukar data dan file secara aman

3. Sinkronisasi handphone tanpa USB
Dengan menggunakan WIFI, Anda dapat menyambungkan handphone Anda dengan laptop secara mudah dan tanpa menggunakan kabel atau USB, Anda cukup mengaktifkan wireless pada perangkat handphone Anda.

4. Mencetak pada printer
Dengan menggunakan WIFI, Anda dapat mencetak data secara mudah dari laptop ke printer yang memiliki jaringan WIFI. Anda tidak perlu repot-repot untuk menancapkan USB dari printer untuk sekedar mencetak dokumen.

5. Transfer foto dan video
Dengan menggunakan WIFI setelah pengambilan gambar atau video Anda dapat langsung mengirimkan hasilnya ke laptop selama masih tersambung WIFI.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)