Pengertian Webhosting dan Fungsinya

19 Oktober 2015 Tutorial Komputer


Pengertian dan definisi web hosting berasal dari kata wed dan host. Bila dilihat dalam kamus istilah host diterjemahkan menjadi tuan rumah atau menerima tamu. Tetapi dalam internet hosting merupakan suatu tempat penyimpanan file-file data atau server yang disediakan oleh suatu perusahaan layanan untuk disewakan. Jadi webhosting merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data dalam berbagai bentuk sehingga data-data tersebut dapat ditampilkan pada sebuah situs ataupun website di Internet. Secara garis besar fungsi webhosting sama seperti sebuah harddisk pada perangkat komputer dekstop ataupun laptop.

Namun yang membedakan adalah webhosting memiliki koneksi ke jaringan internet sehingga data-data yang tersimpan di dalamnya dapat diakses oleh setiap orang secara bersama-sama dalam satu waktu. Kinerja dari webhosting ini di tentukan pada kapasitas dan bandwith yang digunakan. Ketika Anda melebihi kuota tempat penyimpanan data pada sebuah webhosting, tentunya Andatidak dapat menambahkan beragam data-data ke dalamnnya.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu meningkatkan kapasitas tempat penyimpanan datanya. Sedangkan dalam ukuran penggunaan bandwithnya, jika Anda telah melebihi kuota pemakaian bandwith per-bulannya. Tentunya data-data yang Anda masukan di dalam webhosting tidak dapat diakses oleh para pengguna situs hingga waktu reset yang telah ditentukan.

Biasanya ketika seseorang mengakses sebuah website yang telah kehabisan bandwithnya, maka secara otomatis akan memberikan keterangan "Bandwith Limited". Pengaruh dari habisnya kuota pada Bandwith disebabkan lalu lintas pengunjung yang sangat besar sehingga memakan penggunaan kuota yang telah ditetapkan.

Untuk itulah pemilihan kuota kapasitas penyimpanan dan bandwith pada webhosting perlu diperhitungkan dalam membangun sebuah situs yang didasarkan target yang telah Anda tentukan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)