Pengertian Virtual Private Network (VPN) pada Jaringan Komputer

18 Maret 2019 Tutorial Komputer


Virtual Private Network atau VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebut Private network karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

Fungsi Virtual Private Network (VPN)
1. Kerahasiaan (Confidentially)

VPN merupakan sebuah jaringan yang menggunakan koneksi internet sebagai media perantara, tentunya hal tersebut sangat rawan dan dapat menjadi celah daripada hacker untuk mengambil data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian data.

2. Keutuhan data (Data Integrity)
VPN mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat yang dituju.

3. Autentikasi sumber (Origin Authentication)
VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima sehingga VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil.

Manfaat Virtual Private Network (VPN)
*. Remote access, dimana VPN bisa berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet
*. Keamanan, dengan VPN data dan informasi yang dikirim akan lebih aman karena ada autentikasi sumber.
*. Biaya setup jaringan lebih murah

Semoga bermanfaat bagi Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)